The Development of Jateng Gayeng Monopoly Media: Learn Unit Conversion by Loving Culture

Bella Ayu Permatasari, Erlina Prihatnani

Abstract

Math exercises need to be presented in an appealing and pleasing approach. This study aims to promote learning media in the form of a monopoly game as a medium to learn unit conversion while getting to know Central Java cultures. This Research and Development study utilized the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) development model. The data collection methods that were used were documentation, tests, and questionnaires. The Jateng Gayeng Monopoly Media had been validated by lecturers and mathematics teachers and declared legally valid with a percentage of 88.8% (excellent), and efficient with a rate of 87.4%. This learning media has also been tested on fifth-grade students of SDN Watuagung 02 Semarang Regency. Moreover, based on the result of the Wilcoxon test at the significant level α = 0.05, it can be concluded that the Jateng Gayeng Monopoly Media effectively enhances students' learning outcomes. This result is expected to inspire the growth of learning media, which elevates Indonesia's local cultures so that Indonesian children will be more proud and love their cultures.

Latihan soal perlu disajikan secara menarik agar tidak membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran monopoli yang dapat digunakan sebagai sarana latihan soal konversi satuan sambil mengenal budaya Jawa Tengah. Penelitian Research and Development ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan ialah dokumentasi, tes, dan angket. Media Monopoli Jateng Gayeng divalidasi oleh dosen dan guru matematika dan dinyatakan valid dengan persentase 88,8% (sangat baik) dan sangat praktis dengan persentase 87,4%. Media ini telah diujicobakan terhadap siswa kelas V SDN Watuagung 02 Kabupaten Semarang dan berdasarkan hasil uji Wilcoxon pada taraf signifikan  0.05 disimpulkan bahwa monopoli Jateng Gayeng efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil ini diharapkan dapat menginspirasi munculnya media latihan soal yang mengaitkan dengan budaya lokal daerah-daerah di Indonesia agar anak Indonesia makin bangga dan cinta akan budaya yang dimiliki.

Keywords

budaya jawa tengah; jateng gayeng; monopoly; unit conversion; learning media

Full Text:

PDF

References

Afriansyah, E. A. (2017). Problem Posing Sebagai Kemampuan Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 163–180.

Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Pedagogik, 6(1).

Andini, M., & Yunianta, T. N. H. (2018). The Development of Borad game “The Adventure Of Algebra” in The Senior High School Mathematics Learning. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 95–109.

Andriani, T. (2015). Revitalisasi Naskah Syair: Sebuah Solusi dalam Kreativitas Mahasiswa untuk Mencintai Budaya Lokal. Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu - Ilmu Sosial Dan Budaya, 11(1), 91–103.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Budiningsih Asri. (2012). Belajar dan Pembelajaran. https://books.google.co.id/books?id=LICWDwAAQBAJ&pg=PA112&dq=budiningsih+asri+2012&hl=id&saX&ved=oahUKEwjo5bF770AhUPbnoKHalfBOkQ6AEIDzAB#v=onepage&q=budiningsih%25asri%25202012&f=false. Diakses pada tanggal 17 Maret 2020.

Deviana, D. R., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Media Monopoli Matematika pada Materi Peluang untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(2), 114–131.

Evans, D. S. (University C. L. A. U. O. C. L. S., & Hylton, K. N. (Boston U. (2008). The Lawful Acquisition and Exercise of Monopoly Power and its Implications for the Objectives of Antitrust. Competition Policy International, 4(2), 203.

Haryonik, Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Matematika Realistik. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 40–55.

Hasyim, A,. Adha, M. M. (2012). Pengaruh Tingkat Intensitas Pemberian Latihan Soal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PKn. Jurnal Kultur Demokrasi, 1(2).

Kirikkaya, E. B., Işeri, Ş., & Vurkaya, G. (2010). A board game about space and solar system for primary school students. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 9(2), 1–13.

Lestari, L., & Surya, E. (2017). The Effectiveness of Realistic Mathematics Education Approach on Ability of Students’ Mathematical Concept Understanding. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 34(1), 91–100.

Lisnani, L., Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Somakim, S. (2020). Etnomatematika: Pengenalan Bangun Datar Melalui Konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 359-370.

Nuraini, L. (2019). Integrasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Matematika SD/MI Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).

Prasetyo, M. F., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Permainan Monomath pada Materi Persamaan Garis Lurus Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Salatiga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 14–26.

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1-12.

Rahaju, R., & Hartono, S. R. (2017). Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Monopoli Indonesia. JIPMat, 2(2).

Rahmatin, R. (2016). Pengembangan Media Permainan Kartu Umath (Uno Mathematics) Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Pokok Operasi Bilangan Bulat. MATHEdunesa, 5(1).

Ratumanan, T. G., & Laurens, T. (2016). Analisis Penguasaan Objek Matematika (Kajian pada Lulusan SMA di Provinsi Maluku). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1(2), 146–154.

Rindyana, B. S. B., & Chandra, T. D. (2012). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan analisis Newman (Studi Kasus MAN Malang 2 Batu). Artikel Ilmiah Universitas Negeri Malang, 1(2).

Setyowati, N., Susilo, B. E., & Masrukan, M. (2016). Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Mata Diklat Matematika Materi Peluang Di Kelas X AP B Semester 2 SMK N 1 Bawen. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 24–30.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Wahyuningsih, D., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan Board Game “Zathura Mathematics” Pada Materi Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 46–55.

Wicaksana, Y. (2017). Penalaran Matematis dan Kerja Keras Siswa Pembelajaran Matematika Berorientasi Teori APOS Berbantuan Permainan Monopoli. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 305–311.

Yunian Putra, R. W., & Indriani, P. (2017). Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. NUMERICAL (Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika), 1(1), 9–14.

Yuniawan, T. (2014). Model Penilaian Kinerja Dalam Pembelajaran Membaca Berbasis Teks Narasi Bermuatan Pendidikan Karakater Cinta Budaya. Jurnal Pendidikan Karakter, 2, 61–72.

______. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Implementasi Kurikulum No. 81A. Depdiknas.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.