Problem Solving Ability Considered by Self Confidence in Digital Media Assisted Online Learning
Abstract
The aims of this research are to know the Problem-Solving Ability (PSA) in Missouri Mathematics Project (MMP) assisted by digital media and Discovery Learning (DL) models to achieve learning mastery, to know the comparison of PSA of MMP assisted by digital media and DL, and to know how PSA students based on Self Confidence (SC) of low and high category. Subjects are 12 students who are unique in the results of the PSA test and self confidence questionnaire. Data collection using documentation, questionnaire, test, and interview. The result is 16 out of 26 students achieved individual mastery, so the percentage of classical completeness was 61,54%, which means that the experimental class hadn’t yet reached 80% classical completeness; the PSA of MMP model assisted by digital media is better than DL model; students with high category sc achieve good criteria on each PSA indicators, whereas learners with low category SC achieve good criteria at the first PSA indicator.
Tujuan penelitian mengetahui ketuntasan klasikal Kemampuan Pemecahan Masalah (KPM) pada pembelajaran daring model Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan media digital; mengetahui perbandingan KPM peserta didik model MMP berbantuan media dengan model Discovery Learning (DL); mengetahui KPM peserta didik model MMP berbantuan media digital ditinjau dari self confidence (sc). Penentuan sampel dan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian 12 peserta didik yang memiliki keunikan pada hasil tes KPM dan angket sc pada kelas eksperimen. Pengambilan data penelitian menggunakan dokumentasi, angket, tes, dan wawancara. Hasil penelitian 16 dari 26 peserta didik mencapai ketuntasan individual, sehingga persentase ketuntasan klasikal 61,54% yang artinya kelas eksperimen belum mencapai ketuntasan klasikal 80%, KPM peserta didik model MMP berbantuan media digital lebih baik daripada KPM peserta didik model DL, dan Peserta didik dengan sc tinggi mencapai kriteria baik pada setiap indikator KPM, sedangkan peserta didik dengan sc rendah mencapai kriteria baik pada indikator KPM pertama.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, P. N., Nurani, N., & Akbar, P. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence siswa SMP. Journal On Education. 1(1), 58-65.
Alba, F. M., Chotim, M., & Junaedi, I. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Generatif dan MMP terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Kreano. 4(2), 131-137.
Ansori, H. & Aulia, I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika.3(1), 49-58.
Faroh, N., Sukestiyarno, & Junaedi, I. (2014). Model Missouri Mathematics Project Terpadu dengan TIK untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar. Unnes Journal of Mathematics Education Research. 3(2), 88-103.
Faroh, N. (2017). Pemanfaatan TIK Guna Menunjang Karakter Kemandirian dan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model MMP. Zeta-Math Jurnal. 3(1), 22-26.
Fauziah, R., Maya, R., & Fitriana, A. Y. (2018). Hubungan Self confidence terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 1(5), 881-886.
Fitriani, N. (2016). Hubungan antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Self confidence Siswa SMP yang Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Euclid. 2(2),341-351.
Ginting, I. N. B. & Surya, E. (2017). Use of Figure Tools to Increase Mathematics Result Learning Student Class V Prymary School 101796 Patumbak. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR) 34(1), 247-260.
Hartono, Huda, N. N., & Prihatin, I. (2020). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Confidence Siswa. Journal of Education and Learning Mathematics Research. 1(1), 25-32.
Hidayah, I. (2018). Pembelajaran Matematika Berbantuan Alat Peraga Manipulatif Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Gerakan Literasi Sekolah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 1-11.
Huan, C. (2016). A Study on Media digital Technology Courses Teaching Based on Flipped Classroom. American Journal of Educational Research, 4(3), 264-267.
Kemendikbud. (2014). Salinan Lampiran III Permendikbud RI No. 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah: Pedoman Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.
____________. (2016). Salinan Lampiran Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud
Kurniawati, J. & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator. 8(2), 51-66.
Kudsiyah, S. M., Novarina, E., & Lukman, H. S. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X di SMA Negeri 2 Kota Sukabumi. Seminar Nasional Pendidikan. 110-117.
Latifah, D. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Pendidikan Matematika. 3(3), 159-168.
Lena, L. (2015). Media digital and Young Children‘s Learning: A Case Study of Using iPads in American Preschools. International Journal of Information and Education Technology. 5(12), 947-950.
Lutfiyah, L., Rumigarsari, E., & Fathani, A. H. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika dan Kepercayaan Diri terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Aritmetika Sosial SMP Negeri 14 Malang. JP3. 14(6), 49-53.
Masri, M. F., Suyono, & Deniyanti, P. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Self-Efficacy Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA. JPPM. 11(1), 116-126.
Masriah, Sukestiyarno, Susilo, B. E. (2015). Pengembangan Karakter Mandiri dan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran MMP Pendekatan ATONG Materi Geometri. Unnes Journal of Mathematics Education. 4(2), 157-163.
Nurhaliza, I. R. & Maryam, I. (2020). Eksperimen Model Pembelajaran MMP dan Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM). 2(2), 131-141.
Polya, G. (1973). How To Solve It. Princeton: Princeton University Press. Tersedia di https://notendur.hi.is/hei2/teaching/Polya_HowToSolveIt.pdf.
Purnamasari, I. & Setiawan, W. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditnjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM). Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. 3(2), 207-2015.
Putra, H. D., Putri, W. A. S., Fitriana, U., & Andayani, F. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education). 2(1), 60-70.
Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Analisis Self confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk pada Materi Barisan dan Deret. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro. 7(2), 171-179.
Sadat, A. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Selfconfidence Siswa Madrasah Tsanawiyah. Didaktik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1), 1-11.
Syah, M. A. & Susilo, B. E. (2015). Komparasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Antara Model Pembelajaran Mmp Dan Pairs Check. Unnes Journal of Mathematics Education (UJME). 4(1), 77-84.
Ubaidah, N., Kusmaryono, I., & Prayitno, A. T. (2020). Pendekatan Steam Berbasis Quizizz terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP). V: 351-362.
Ulfa, D., Rahmi, D., & Revita, R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Core terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self-Confidence Siswa SMP/MTs. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2), 400-409.
Walida, S. E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar dalam Bentuk Multimedia Interaktif pada Mata Kuliah Teori Graph untuk Pembelajaran Matematika Berbasis Digital. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), 53-57.
Winardi. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Metode MMP dan Pendekatan Open-Ended. Prosiding Seminar Nasional Matematika (PRISMA). X: 421-431.
Wulandari & Sinambela, NJM. (2017). Hubungan Kepercayaan Diri (Self-Confidence) dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Problem Basedlearning di MAN Kisaran. Jurnal Inspiratif. 3(2), 102-108.
Yenni, R. F. (2018). Permainan Kartu Trigonometri dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas X SMA Tamansiswa Palembang. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2), 31-39.
Refbacks
- There are currently no refbacks.