Keefektifan Model Arias Berbantuan Kartu Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pembelajaran ARIAS berbantuan kartu masalah pada siswa kelas XI materi barisan dan deret geometri dapat mencapai ketuntasan belajar, menganalisis apakah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajar-an ARIAS berbantuan kartu masalah lebih baik dibanding ekspositori,menganalisis penga-ruh motivasi berprestasi terhadap kemampuan komunikasi matematis, serta menganalisis a-da tidaknya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran ARIAS berbantuan kartu masalah dan ekspositori. Pengambilan data diperoleh dengan me-tode tes dan angket yang kemudian dianalisis dengan uji kemampuan komunikasi matema-tis berdasar KKM, uji perbedaan rata-rata, analisis regresi linier sederhana dan analisis ga-in. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis kelas eksperi-men telah mencapai ketuntasan belajar dan lebih baik daripada kelas kontrol, terdapat peng-aruh motivasi berprestasi terhadap kemampuan komunikasi matematis, serta peningkatan kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen lebih besar dibanding ekspositori.
Kata Kunci: ARIAS; Kartu Masalah; Kemampuan Komunikasi Matematis; Motivasi Berprestasi.
Abstract
The purpose of this research was to analyze the ARIAS learning-assisted problem cards in class XI material geometric sequence and series can achieve mastery learning, analyzing whether mathematical communication skills of students with learning problems ARIAS assisted problem cards better than expository, analyzing the effect of achievement motivation on mathematical communication skills , as well as to analyze whether there is an increase in student’s mathematical communication skills by the ARIAS learning-assisted problem cards and expository. Data is collected obtained by tes method and questionnaire which is then analyzed by Communication Mathematical Skill test based on KKM, the average similary test, simple linear regression analyze and gain analyze. The results showed that the mathematical communication skills of experiment class has achieved mastering of learning and is better than the control class, there are an influence between achievement motivation and mathematical communication skills, and improving communication skills of experiment class bigger than expository.
Keywords: ARIAS; Problem Cards; Mathematical Communication Skill; Achievement Motivation.
Full Text:
PDFReferences
Dempsey, J.V. & Johnson, R.B. 1998. The Development of ARCS gaming scale, artikel dalam Journal of Instructional Psychology, Vol. 88(4), pp. 717-730.
Joyce & Weil. 1986. Models of teaching. New York: John Willey and Son.
Keller, J.M. 1987. Development and Use of the ARCS Model of Motivational Design, artikel dalam Journal of Instructional Development, Vol. 10(3), pp. 434-449.
Keller, J.M. & T.W. Kopp. 1987. An Application of The ARCS Model of Motivational Design, dalam Charles M. Reigeluth (ed), Instructional Theories in Action, 289-319. Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM.
Ningsih, K. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran ARIAS Berbasis Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Dasar Sains pada Siswa SMP Kota Pontianak, artikel dalam Jurnal Untan. Online jurnal di http://jurnal.untan.ac.id.
Rahim, M. 2012. Penerapan Model Pembelajaran ARIAS melalui Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Skripsi. Bandung: FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Rampengan, M.J. 1991. Model-model Mengajar IPA. Jakarta: Depdikbud.
Rodgers, D.L & B.J. Withrow. The Effect of Instructional Media on Learner Motivation, artikel dalam Ini’l J of Instructional Media, Vol. 32(4), pp. 688-704.
Ruseffendi. 1992. Materi Pokok Matema-tika 3. Jakarta: Depdikbud.
Siahaan, P.; Setiawan, W.; dan Sa’adah. 2010. Penerapan Model ARIAS (As-surance, Relevance, Interest, Assesment and Satisfaction), artikel dalam Pembelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi Jurnal PTIK, Vol. 3(1), pp. 14-25, ISSN 1979-9462.
Tilawa, S. & Pramukantoro, J.A. 2013. Penerapan Strategi Belajar ARIAS terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa pada Standart Kompetensi Membuat Rekaman Audio di Studio di SMK Negeri 3 Surabaya, artikel dalam Ejournal Unesa, Vol. 2(1). Online jurnal di http://ejournal. unesa.ac.id.
Widjajanti, D.B. 2010. Mengembangkan Kemampun Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika melalui Strategi Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah, Makalah dalam Konferensi Nasional Matematika 2010.
Within. 1992. Mathematics Task Centre; Proffesional Development and Problem Solving, dalam J. Wakefield and L. Velardi (ed), Celebrating Mathematics Learning. Melbourne: The Mathematical Association of Victoria.
Refbacks
- There are currently no refbacks.