Keefektifan Model Pembelajaran Generatif Berfasilitas Multimedia Learning Terhadap Hasil Belajar

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Denis Rahayu Yuna Pratama
Ersanghono Kusumo
Eko Budi Susatyo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran generatif berfasilitas multimedia learning terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Ungaran. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control design yang diterapkan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebagai sampel penelitian. Pengambilan sampel dilakukan secara acak berdasarkan teknik cluster random sampling, setelah populasi dinyatakan berdistribusi normal dan mempunyai homogenitas yang sama. Uji  perbedaan rata-rata data posttest kedua sampel menunjukkan bahwa rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol pada tingkat kepercayaan 95%. Hasil uji ketuntasan belajar klasikal siswa pada kelas eksperimen sebesar 89,29% dan pada kelas kontrol 76,67%. Analisis terhadap hasil belajar afektif siswa diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 3,60 dan pada kelas kontrol 3,39. Analisis terhadap hasil belajar psikomotor siswa diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 3,13 dan pada kelas kontrol 3,06. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran generatif berfasilitas multimedia learning efektif terhadap hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar; Model Pembelajaran Generatif; Multimedia Learning.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Amin, Z. M., M. K. N. Kamaruddin, W. M. Rashid, & M. Alias. 2011. Impact of Contextual Video in Learning Engineering Statistics in The Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM). International Journals of Arts & Sciences, 4(11): 195-202
Anderman, E.M. 2010. Reflections on wittrock’s generative model of learning: a motivation perspective. Journal Of Educational Psychologist. 45(1): 55-60
Arsyad, A. 2007. Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grasindo Persada
Cambre, M.A., M. B. Grant, K. B. Hay, & G. B. Mayton. 2006. Implementation of Generative Learning Principle in Interactive Video Using Repurpose Video Materials. Journal of Visual Literary, 12(1): 35-56
Cimer, A. 2007. Effective teaching in science: a review of literature. Journal of Turkish Science Education. 4(1): 21-43
Darvina, O. 2003. Kajian pembangunan dan penilaian bahan pembelajaran berbantukan komputer berasaskan CD interaktif bagi mata pelajaran pemasaran 1 di Politeknik. Tesis. Johor: Kolej Universiti Teknologi Tun Hussein Onn
Grabowski, B.L. 2007. Generative Learning Contributions To The Design of Instruction And Learning. Journal of Educational Psychology. 28(1): 719-743
Kish, M.H.Z. 2008. Generative Learning Model To Teach Adult learners digital Imagery. International Journal of Online Pedagogy and Course Design, 357-359. Diunduh di www.irma-international.org/viewtitle/16730/? tanggal 13 februari 2013
Kupczynski, L., Mundy, M.A., Goswami J. & Meling, V. 2012. Cooperative learning in distance learning: a mixed methods study. International Journal of Instruction. 5(2): 54-63
Mulyasa. 2004. Manajemen berbasis sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyasa. 2008. Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nayar, K.A. & K. Pushpam. 2000. Willingness of Secondary School Teachers of Biology To Use Teaching Aids. Quarterly Journal of Science Education, 38(4): 1-7
Nuraeni, N. 2011. Efektivitas penerapan model pembelajaran generatif untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi. Skripsi. Bandung: FMIPA UPI
Ritland, B.B. & Grabowski, B.L. 2002. The effect of generative visual manipulation strategies within computer based instruction. Journal of Virtual Literacy. 22(2): 143-160
Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta
Vaughan, T. 2004. Multimedia: making it work. Edisi 6. Terjemahan Prabawati, T. A & Triyuliana, A.H. 2006. Yogyakarta: Andi
Wena, M. 2009. Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4