PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBASIS PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Bhakti Kharismawan
Sri Haryani

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif course review horay berbasis problem posing terhadap peningkatan hasil belajar siswa terkait materi perhitungan kimia. Metode pembelajaran kooperatif course review horay berbasis problem posing merupakan metode yang dapat membuat siswa berpikir aktif dalam mencari dan menemukan jawaban dari suatu permasalahan. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest design dan teknik pengambilan sampel menggunakan clustor random sampling. Uji statistika yang digunakan adalah uji normalitas, kesamaan dua varians, ketuntasan belajar, dan hipotesis. Uji ketuntasan belajar diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 78,32 dengan 35 siswa tuntas dari 38 siswa dan kelas kontrol memiliki rata-rata 72,32 dengan 22 siswa tuntas dari 38 siswa. Uji hipotesis diperoleh angka korelasi sebesar 0,52 dan koefisien determinasi sebesar 26,23%. Dengan demikian disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif course review horay berbasis problem posing berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa terkait materi perhitungan kimia.

Kata Kunci: Course Review Horay; kooperatif; Problem Posing.

Abstract

This research aims to determine the effect of course review horay with problem posing to improve the student’s competence in stoikiometry. Learning method of cooperative course review horay with problem posing is a method of learning that can make the students to actively find the answer in a case. The type used in this research is a quasi experiment. The research design used was a posttest design and sample collection techniques using cluster random sampling. The statistic test used test normality, equality of two variances, hypothesis, completeness of learning The result of final stage of the analysis obtained an average of learning outcome experimental group is 78,32 within 35 passed students of 38 students, while the control group is 72,32 within 22 passed students of 38 students. The implementation of cooperative course review horay with problem posing on the experimental class scored a correlation of 0,52 and a coefficient of determination of 26,23%. So based on the result of the analysis from the final stage is cooperative learning course review horay with problem posing influence the student’s competence in stoikiometry.

Keyword: cooperative; Course Review Horay; Problem Posing.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##