Pengembangan Instrumen Penilaian Aspek Psikomotorik Peserta Didik pada Praktikum Pembelajaran Kimia Materi Laju Reaksi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Zaqiatul Mudhakiyah
Nanik Wijayati
Sri Haryani
Sri Nurhayati

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan kualitas instrumen penilaian, mengetahui tanggapan guru terhadap instrumen penilaian aspek psikomotorik pada praktikum kimia materi laju reaksi. Penelitian ini mengacu pada pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yakni tahap definedesigndevelop, dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah guru kimia SMA Negeri 10 Semarang, peserta didik kelas XI MIPA 3 yaitu 36 orang dan XI MIPA 4 yaitu 35 orang. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara dan non tes dengan instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi kelayakan instrumen dan lembar angket respon tanggapan guru. Teknik analisis data dilakukan melalui Microsoft Exel 2016. Produk penelitian berupa instrumen penilaian dalam bentuk rubrik  penilaian  yang terdiri atas  aspek kinerja yang dinilai dan kualitas kinerja yang dinyatakan dalam bentuk gradasi skor dengan rentang 1-4. Produk divalidasi dan ditanggapi berdasarkan aspek materi, konstruksi, bahasa, objektivitas, sistematis, dan praktikabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar instrumen penilaian aspek psikomotorik peserta didik pada praktikum kimia yang dikembangkan mendapat tanggapan sangat baik dengan persentase sebesar 100%. Simpulan dari penelitian ini diperoleh produk instrumen penilaian yang dinyatakan sangat layak.


Kata kunci: Instrumen Penilaian Aspek Psikomotor; Rubrik penilaian; Laju Reaksi

##plugins.themes.academic_pro.article.details##