EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DASAR MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rangga Krisma Putra
Ersanghono Kusumo
Sri Nurhayati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses dasar menggunakan media audio visual. Metode penelitian ini menggunakan true eksperimen dengan desain penelitian post test only control design, yaitu desain eksperimen dimana terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kontrol. Data penelitian hasil belajar aspek kognitif dianalisis secara statistik sedangkan hasil belajar aspek afektif dan psikomotor ditentukan secara deskriptif. Perbandingan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat dibandingkan setelah diberi perlakuan. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 85,00 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol yaitu 80,04. Pembelajaran pada kelas eksperimen dan kontrol memenuhi KKM 77 dan kedua kelas juga memenuhi ketuntasan klasikal 85%, yaitu kelas eksperimen tuntas 91,67% dan kelas kontrol tuntas 86,11 %. Nilai rata-rata hasil belajar aspek afektif kelas eksperimen 84,98 lebih baik dari kelas kontrol dengan nilai 79,38. Sedangkan untuk aspek psikomotorik, nilai rata-rata hasil belajar kelas eskperimen 83,7 lebih baik daripada kelas kontrol dengan nilai 79,8. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses dasar menggunakan media audio visual efektif pada hasil belajar kimia siswa SMA N 1 Bae Kudus materi larutan asam basa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Rangga Krisma Putra, Jurusan Kimia UNNES

FMIPA

References

Akinbobola, A. O, & F. Afolabi. 2010. Analysis of Science Process Skills in West African Senior Secondary School Certificate Physics Practical Examinations in Nigeria. American-Eurasian Journal of Scientific Research. 5: 234-240
Aktamis, H, & O. Ergin. 2008. The Effect Of Scientific Process Skills Education On Students’ Scientific Creativity, Science Attitudes And Academic Achievements. Asia-Pacific Forum On Science Learning And Teaching. Volume 9, issue 1, article 4
Ango, M.L. 2002. Mastery of Science Process Skills and Their Effective Use in the Teaching of Science: An Educology of Science Education in the Nigerian Context. International Journal of Educology. 16 (1) : 11-30
Arsyad, A. 2011. Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grasindo Persada
Cadavieco, J.F. 2012. Media Audiovisual: A Case Study in the New Spanish Scholar Model Facing the European Crisis. International Journal of Social Sciences and Education. Volume: 2 Issue: 1 January 2012
Devi, P.K. 2010. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA. Jakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA)
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah., S. B, & A. Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nofiyah, Y. 2011. Efektivitas Pembelajaran Kimia Pokok Bahasan Reaksi Oksidasi dan Reduksi dengan Metode Syndicate Group Berpendekatan SETS Berumpan Balik di SMA Negeri Ajibarang, Banyumas. Skripsi: tidak diterbitkan
Shanwong, K. 2010. Moral Based Thinking Process Skills for Students’ Morality and Ethics Development. International Journal of Arts And Sciences. 3 (17) : 287-297
Sudria, I.B.N,& Sya’ban, S. 2008. Pengembangan Rubrik Asesmen Performan Keterampilan Dasar Kimia Dalam Perkuliahan Kimia Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 2 (1) : 30-41
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Suharsimi, A. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta