Pengembangan Alat Peraga Uji Daya Hantar Listrik Berbasis STEM dan Pengaruhnya Terhadap Literasi Kimia Peserta Didik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anggreny Br Pandia
Woro Sumarni

Abstract

Pendayagunaan alat peraga sebagai alat bantu ajar dalam pembelajaran membuat pembelajaran lebih bermakna sehingga peserta didik aktif dengan menggunakan alat dan bahan bahan disekitar lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga uji daya hantar listrik berbasis Science Technology Engineering and Mathematic (STEM) untuk membekali literasi kimia peserta didik di SMA Kesatrian 1 Semarang. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dari Thiagarajan, dkk. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X, yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu sebanyak 30 peserta didik X IPA 3 (kelas eksperimen) dan 32 peserta didik X IPA2 (kelas kontrol). Hasil  uji kelayakan alat peraga menurut ahli media sebesar 75% dan  hasil uji coba skala kecil sebesar 79%  keduanya memperoleh kriteria layak. Berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain Score tersebut menunjukkan bahwa nilai rata rata N-Gain Score untuk kelas eksperimen (pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM)) adalah sebesar 0.715 termasuk dalam kategori tinggi. Sementara  rata rata N-Gain Score untuk kelas kontrol (metode konvensional) adalah sebesar 0.511 dan termasuk dalam kategori sedang. Hasil tersebut membuktikan bahwa media menggunakan alat peraga uji daya hantar listrik berbasis Science Technology Engineering and Mathematic (STEM) berpengaruh terhadap literasi kimia peserta didik.


Kata kunci : Alat Peraga, STEM, Literasi Kimia.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3