Pengembangan Bahan Ajar Materi Redoks Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual dalam Kehidupan Sehari-Hari

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Oktaviony Tiara Kusuma
Endang Susilaningsih
Edy Cahyono
Eko Budi Susatyo

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui ciri khas bahan ajar materi redoks berbasis pemecahan masalah kontekstual dalam kehidupan sehari-hari, mengukur tingkat keefektifan bahan ajar materi redoks berbasis pemecahan masalah kontekstual dalam kehidupan sehari-hari dan kemampuan collaborative problem solving peserta didik, serta menganalisis tingkat kepraktisan bahan ajar materi redoks berbasis pemecahan masalah kontekstual dalam kehidupan sehari-hari. Ciri khas yang disajikan dalam pengembangan bahan ajar materi redoks berbasis pemecahan masalah kontekstual dalam kehidupan sehari-hari bermuatan masalah-masalah yang bersifat kontekstual dengan memiliki ilustrasi yang membantu peserta didik memahami materi dan dapat menumbuhkan keterampilan abad 21 peserta didik yaitu Collaborative Problem Solving Skill sebesar 86,45%. Keefektifan bahan ajar dilihat dari hasil ketuntasan klasikal dimana ketuntasan klasikal sebesar 76,05%. Terdapat 3 indikator penilaian respon peserta didikyaitu indikator penilaian ketertarikan didapat pada respon awal sebesar 80,8% dan respon akhir 81%. Pada indikator penilaian kelayakan isi didapat pada respon awal sebesar 80% dan respon akhir 82%. Pada indikator penilaian kebahasaan didapat pada respon awal sebesar 82,5% dan respon akhir 84%. Sehingga berdasarkan kriteria dengan menghitung penilaian peserta didik diperoleh respon awal sebesar 80% dan respon akhir sebesar 82,19% dengan kriteria “Sangat Menarikâ€.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >>