Desain LKPD Berbasis Multiple Intelligence untuk Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal dan Hasil Belajar Kognitif
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis multiple intelligence dalam meningkatkan kecerdasan intrapersonal dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi larutan penyangga. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain 3D (Define, Design, and Development). Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Plumbon, Kabupaten Cirebon. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, tes dan lembar observasi. Teknik analisis data meliputi uji validitas dan uji efektivitas LKPD. Berdasarkan uji validitas oleh 3 validator didapatkan persentase rata-rata sebesar 83,96%, maka dapat dinyatakan LKPD memenuhi valid dan LKPD sangat layak digunakan. Uji efektivitas LKPD berdasarkan hasil lembar observasi kecerdasan intrapersonal peserta didik selama pembelajaran menggunakan dan nilai pretest-posttest peserta didik. Hasil observasi kecerdasan intrapersonal peserta didik berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 77,80%. Hasil belajar kognitif peserta didik dari nilai pretest dan posttest kemudian dihitung dengan n-gain untuk mengetahui peningkatan. Hasil n-gain sebesar 0,376, berarti peningkatan hasil belajar kognitif berada pada kriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis multiple inteligence sangat layak digunakan serta dapat meningkatkan kecerdasan intrapersonal dan hasil belajar kognitif.