Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Three-Tier Multiple Choice Test (TTMCT) untuk Menganalisis Miskonsepsi Siswa pada Konsep Sifat Keperiodikan Unsur
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa pada materi sistem periodik unsur terfokus konsep sifat keperiodikan unsur melalui pengembangan instrumen tes diagnostik Three-Tier Multiple Choice Test. Metode penelitian yang digunakan ialah metode R&D dan model yang digunakan dalam penelitian ini ialah model 4D. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas X SMA Pangudi Luhur Don Bosko. Hasil penelitian menunjukkan validitas dan reliabilitas pada uji coba skala kecil dan uji coba skala besar berturut-turut, yaitu 0,87; 0,74 dan 0,86; 0,82. Profil pemahaman konsep siswa secara keseluruhan menunjukkan siswa yang termasuk dalam kategori Paham Konsep 44%, Paham Konsep Kurang PD 23% Kurang Paham Konsep 4%, Tidak Paham Konsep 61%, Miskonsepsi Positif 18%, Miskonsepsi Negatif 21%, dan Miskonsepsi Penuh 23%. Siswa dan guru juga memberikan respon yang positif melalui angket tanggapan. Berdasakan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa instrumen tes diagnostik Three-Tier Multiple Choice Test yang dikembangkan layak, valid, reliabel, dan praktis untuk mendiagnosis miskonsepsi siswa pada materi sistem periodik unsur terfokus sifat keperiodikan unsur.