- Abstract viewed - 809 times
- PDF downloaded - 1311 times
Affiliations
Restu Indah Larasati
Jurusan Kimia FMIPA UNNES
Sri Haryani
Affiliation not stated
Eko Budi Susatyo
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Nanda Ayu Lestari, Nanik Wijayati, Sri Haryani, Kasmui Kasmui, Analisis Miskonsepsi Siswa Materi Asam Basa Menggunakan Two-Tier Berbantuan CRI (Certainty of Response Index) , Chemistry in Education: Vol 9 No 2 (2020): Terbit bulan Oktober 2020
- Ita Mawaddah, Sri Haryani, Kasmui Kasmui, Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi terhadap Keterampilan Metakognisi Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Rizqi Anisa, Edy Cahyono, Woro Sumarni, Eko Budi Susatyo, Implementasi Design Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dasar Materi Elektrokimia , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Chinta Celi Ayu Cendana, Harjono Harjono, Sri Haryani, Murbangun Nuswowati, Korelasi Persepsi Kemampuan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa selama Pandemi Covid-19 di SMA Unggulan Nurul Islami Mijen , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Izza Ratna Kumala, Woro Sumarni, Sri Haryani, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Oktaviony Tiara Kusuma, Endang Susilaningsih, Edy Cahyono, Eko Budi Susatyo, Pengembangan Bahan Ajar Materi Redoks Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual dalam Kehidupan Sehari-Hari , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Ida Rosida, Eko Budi Susatyo, Darmuah Darmuah, ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN LARUTAN PENYANGGA MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN TES CBT , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Noviana Sri Rahayu, Edy Cahyono, Eko Budi Susatyo, Harjito Harjito, Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Design Based Learning (DBL) pada Materi Sistem Koloid , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Naftalina Ulik Adhelia, Endang Susilaningsih, Kasmui Kasmui, Sri Haryani, Desain Instrumen Three Tier Multiple Choice Diagnostic Test Berbantuan E-Project Technology Untuk Analisis Pemahaman Konsep Siswa , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Rani Lailatul Qodriyah, Endang Susilaningsih, Sri Haryani, Desain Instrumen Tes Berbasis Makroskopis, Mikroskopis, Simbolis untuk Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
Desain Instrumen Tes Berbasis Makroskopis, Mikroskopis, Simbolis untuk Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif
Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
Submitted: Jul 14, 2021
Published: Dec 16, 2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berbasis makroskopis, mikroskopis, dan simbolis (MMS) pada materi asam basa yang teruji untuk analisis kemampuan berpikir kreatif siswa SMA. Metode penelitian ini yaitu Research & Development (R&D) dengan desain model penelitian 4D meliputi tahap define, design, development, dan dissemination. Subjek penelitian ini berjumlah 120 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes dinyatakan valid oleh validator dengan rerata skor 29,33. Analisis kualitas instrumen dilakukan dengan analisis Item Classical Theory (ICT) dan Item Response Theory (IRT) dengan model Rasch. Nilai reliabilitas ICT pada masing-masing uji coba yaitu 0,7910; 0,9185; dan 0,8175 yang dinyatakan reliabel. Sedangkan nilai reliabilitas IRT Rasch uji coba skala besar dan implementasi masing-masing yaitu 0,91 dan 0,82. Hasil analisis respon siswa menunjukkan respon sangat bagus sebanyak 70 siswa, respon bagus sebanyak 48 siswa, dan respon kurang bagus sebanyak 2 siswa. Profil kemampuan berpikir kreatif yang dihasilkan yaitu 2% kategori sangat tinggi, 17% kategori tinggi, 55% kategori sedang, 15% kategori rendah, dan 11% kategori sangat rendah. Instrumen yang dihasilkan telah teruji layak, valid, dan reliabel serta dapat digunakan untuk analisis kemampuan berpikir kreatif berbasis makroskopis, mikroskopis, dan simbolis.