- Abstract viewed - 249 times
- PDF downloaded - 275 times
Affiliations
Yuniar Firgin Nakiyatul Khotto
Universitas Negeri Semarang
Kasmui Kasmui
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Nanda Ayu Lestari, Nanik Wijayati, Sri Haryani, Kasmui Kasmui, Analisis Miskonsepsi Siswa Materi Asam Basa Menggunakan Two-Tier Berbantuan CRI (Certainty of Response Index) , Chemistry in Education: Vol 9 No 2 (2020): Terbit bulan Oktober 2020
- Harris Afriantono, Kasmui Kasmui, Kasmadi Imam Supardi, Endang Susilaningsih, PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF PADA MATERI HIDROLISIS KELAS XI , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Ita Mawaddah, Sri Haryani, Kasmui Kasmui, Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi terhadap Keterampilan Metakognisi Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Zerlinda Febriana, Kasmui Kasmui, DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN CHEMISTRY IS FUN BERBASIS ANDROID PADA MATERI TITRASI ASAM BASA , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Delta Oktaviana, Antonius Tri Widodo, Kasmui Kasmui, EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI HIDROLISIS , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Naftalina Ulik Adhelia, Endang Susilaningsih, Kasmui Kasmui, Sri Haryani, Desain Instrumen Three Tier Multiple Choice Diagnostic Test Berbantuan E-Project Technology Untuk Analisis Pemahaman Konsep Siswa , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Salsabila Syafari Zaza, Kasmui Kasmui, Sri Wardani, Agung Tri Prasetya, Pengaruh Media Kahoot Berbasis Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Kimia , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Farah Nur Rohmah, Endang Susilaningsih, Sri Haryani, Kasmui Kasmui, Desain Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Bermuatan High Order Thinking Skills untuk Menganalisis Kompetensi Minimum Siswa Materi Asam-Basa , Chemistry in Education: Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
- Afina Fitri, Agung Tri Prasetya, Kasmui Kasmui, Nuni Widiarti, Desain E-LKPD Berbasis Fillable PDF Bermuatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep , Chemistry in Education: Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
- Nisa Fathin Muslimah, Sri Susilogati Sumarti, Sri Mursiti, Kasmui Kasmui, Desain Booklet Berbantuan Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Minat Belajar , Chemistry in Education: Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
Desain Booklet Berbantuan Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Minat Belajar
Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
Submitted: Aug 16, 2022
Published: Apr 28, 2023
Abstract
Sumber belajar di SMA N 2 Ungaran terbatas pada buku paket dan belum banyak menerapkan media atau teknologi sehingga dirasa kurang menarik bagi peserta didik. Hasil wawancara menunjukkan bahwa media pembelajaran yang disukai peserta didik adalah media yang memiliki variasi warna, tulisan, dan terdapat gambar yang menarik seperti gambar 3D. Pengembangan booklet berbantuan aplikasi Assemblr Edu diperlukan untuk mengatasi persoalan tersebut. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan media pembalajaran booklet berbantuan aplikasi Assemblr Edu yang layak, efektif, dan mendapat tanggapan baik dari peserta didik. Model pengembangan penelitian ini mengacu pada model pengembangan 3-D. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, tes, dan angket. Hasil validasi booklet diperoleh skor 133,67 untuk aspek materi dan 151,67 untuk aspek media yang keduanya termasuk kriteria sangat valid, serta skor angket keterbacaan yaitu 80,97 dengan kategori baik. Hasil uji N-gain didapatkan skor 0,603 pada kriteria sedang, serta skor minat belajar 79,38 dengan kriteria tinggi. Booklet memperoleh tanggapan baik dengan skor 84,26 pada kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa booklet berbantuan Assemblr Edu layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan minat belajar, serta mendapatkan tanggapan baik dari peserta didik.