- Abstract viewed - 368 times
- PDF downloaded - 525 times
Affiliations
Deni Malik Ibrahim
Affiliation not stated
Agung Tri Prasetya
Universitas Negeri Semarang
Sri Haryani
Universitas Negeri Semarang
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Fatin Atikah Nata Sya'idah, Nanik Wijayati, Murbangun Nuswowati, Sri Haryani, Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan e-LKPD Materi Hidrolisis Garam terhadap Hasil Belajar Peserta Didik , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Nurul Aisyara, Sri Haryani, Adi Prihandono, ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR (KPSD) PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN KIMIA MODEL PjBL BERBANTUAN LKPD , Chemistry in Education: Vol 9 No 2 (2020): Terbit bulan Oktober 2020
- Riana Maylinda, Sri Haryani, Kelayakan dan Kepraktisan Bahan Ajar Pengayaan Berbantuan Schoology pada Materi Larutan Penyangga , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Nur Mahiyatus Sholikhah, Agung Tri Prasetya, Endang Susilaningsih, Woro Sumarni, Pengembangan Panduan Praktikum Berbasis Guided Inquiry untuk Identifikasi Keterampilan Laboratorium Peserta Didik pada Materi Titrasi Asam-Basa , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Diah Saraswati, Wahyu Lestari, Sri Haryani, The The Development of An Android-Based Assessment Instrument To Assess Fifth-Grade Students' Cognitive Ability , Journal of Research and Educational Research Evaluation: Vol 10 No 2 (2021)
- Tasya Syalsya Dhila, Endang Susilaningsih, Nanik Wijayati, Agung Tri Prasetya, Pengembangan Asesmen Tes Penilaian Bermuatan Triangle Level pada Pemahaman Konsep Materi Laju Reaksi , Chemistry in Education: Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
- Alya Qothrunnada, Sri Wardani, Sri Haryani, Nanik Wijayati, Desain LKPD Model SSCS untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kecerdasan Interpersonal , Chemistry in Education: Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
- Nur Khofifah, Agung Tri Prasetya, Sri Haryani, Nanik Wijayati, Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Edmodo Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar , Chemistry in Education: Vol 12 No 2 (2023): Terbit bulan Oktober 2023
- Aida Saefa Fitriarieswa, Sri Wardani, Sri Haryani, Harjito Harjito, Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Guided Inquiry Learning untuk Peserta Didik SMK , Chemistry in Education: Vol 12 No 2 (2023): Terbit bulan Oktober 2023
- Arnetta Susma Widiyanti, Endang Susilaningsih, Sri Haryani, Sri Nurhayati, Desain Tes Pilihan Ganda Kompleks Bermuatan Analytical Thinking pada Materi Asam-Basa untuk Identifikasi Pencapaian Kompetensi Minimum Siswa , Chemistry in Education: Vol 12 No 2 (2023): Terbit bulan Oktober 2023
Desain Tes Pilihan Ganda Kompleks Bermuatan Analytical Thinking pada Materi Asam-Basa untuk Identifikasi Pencapaian Kompetensi Minimum Siswa
Vol 12 No 2 (2023): Terbit bulan Oktober 2023
Submitted: May 27, 2023
Published: Jan 23, 2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes pilihan ganda kompleks bermuatan Analytical Thinking pada materi asam basa untuk identifikasi pencapaian kompetensi minimum siswa. Metode yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan desain ADDIE. Teknik analisis data meliputi kelayakan, kualitas butir soal, pencapaian kompetensi minimum siswa, kemampuan berpikir analitis siswa, angket respon siswa dan guru. Validasi ahli menunjukkan instrumen tes, angket respon siswa dan guru sangat valid. Analisis data dengan Rasch model menunjukkan reliabilitas butir soal pada uji skala kecil, besar, dan implementasi berturut-turut 0,80; 0,87; dan 0,94. Validitas butir soal pada uji skala kecil, besar, dan implementasi terdapat 10, 3, dan 6 butir soal tidak valid dari total 62. Pencapaian kompetensi minimum siswa pada uji skala besar 10% mahir, 30% cakap, 47,5% dasar, dan 12,5% perlu intervensi khusus, sedangkan pada uji implementasi 11,43% mahir, 35,71% cakap, 37,15% dasar, dan 15,71% perlu intervensi khusus. Kemampuan berpikir analitis sebesar 79,90% pada uji skala besar dan 60,08% pada uji implementasi. 89,29% siswa pada uji skala kecil, 85% pada uji skala besar, dan 76,94% pada uji implementasi serta 100% guru merespon positif terhadap instrumen tes. Dapat disimpulkan bahwa instrumen tes dapat digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi minimum siswa dan profil kemampuan berpikir analitis siswa.