Pemanfaatan Situs Purbakala Semedo Sebagai Sumber Belajar Sejarah Bagi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Dukuhwaru dan SMA Negeri 3 Slawi Kabu-paten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018

  • Noviana Safitri Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial UNNES
  • Cahyo Budi Utomo Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial UNNES
  • Syaiful Amin Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial UNNES

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui relevansi koleksi Situs Purbakala Semedo dalam materi pembelajaran sejarah, dan implementasi pemanfaatan Situs Purbakala Semedo dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif Naratif. Pengumpulan Sampel dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, dokumentasi dan wawancara. Uji validitas dengan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan Reduksi Data, Display, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koleksi Situs Purbakala Semedo relevan dengan materi pembelajaran Pra Aksara KI 3 dan 4, KD 3.9, 4.9 dan 3.10, 4.10. Model pembelajaran Discovery Learning dengan lawatan sejarah dan HOTS. Pendekatan pembelajaran SMA Negeri 1 Dukuhwaru dan SMA Negeri 3 Slawi Scientific Learning. Pemanfaatan Situs Purbakala Semedo disesuaikan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus dan materi yang sedang berlangsung. Pemanfaatan ini memberi dampak positif meningkatkan minat belajar siswa dan membantu guru dalam menggunakan sumber belajar sejarah untuk siswa.

Kata kunci: situs purbakala; Semedo; sumber belajar

Published
2018-12-11
How to Cite
Safitri, N., Utomo, C., & Amin, S. (2018). Pemanfaatan Situs Purbakala Semedo Sebagai Sumber Belajar Sejarah Bagi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Dukuhwaru dan SMA Negeri 3 Slawi Kabu-paten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(2), 172-183. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ijhe/article/view/27647