Keragaman Media Pembelajaran yang Digunakan Guru Sejarah Dalam Pembelajaran Sejarah Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2018/2019
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses pembelajaran sejarah, penggunaan media dalam pembelajaran oleh guru sejarah, kendala-kendala yang dihadapi guru dalam penggunaan media, serta keragaman media yang digunakan guru sejarah Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kabupaten Rembang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah berjalan cukup baik, Media pembelajaran yang digunakan di SMAN 1 Rembang, SMAN 3 Rembang, SMAN 1 Lasem, SMAN 1 Sumber berupa adalah power point (ppt), LCD, proyektor, video, buku paket, LKS. SMAN 2 Rembang berupa, ppt, LCD, proyektor, video, buku paket, LKS, internet. SMAN 1 Sulang berupa, ppt, LCD, proyektor, video, buku paket, LKS, papan tulis, miniatur. Kendala yang dihadapai guru SMAN 1 Rembang, SMAN 2 Rembang, SMAN 3 Rembang, dalam pemanfaatan media adalah terkait kendala teknis pada media pembelajaran. Kendala yang diahdapi guru SMAN 1 Lasem berupa pemadaman listrik, kendala guru SMAN 1 Sumber terkait ketersediaan sarana dan prasarana, sedangkan guru SMAN 1 Sulang tidak menemui kendala yang berarti. Terdapat keberagaman penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran sejarah di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Rembang. Terdapat sekolah yang menggunakan media konvensional, mutakhir, maupun kedua-duanya.
References
Amin, Syaiful. 2011. Pewarisan Nilai Sejarah Lokal Melalui Pembelajaran Sejarah Jalur Formal dan Informal Pada Siswa SMA di Kudus Kulon. Jurnal Paramita. Vol. 21 No.1.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo persada.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Atno. 2011. Evektivitas Media CD Interaktif Dan Media VCD Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Negeri Di Banjarnegara Ditinjau Dari Tingkat Motivasi Belajar. Jurnal Paramita Vol. 21 No. 2
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Kochhar, S.K.2 008. Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Grasindo.
Pramono, Eko S. 2012. Perbaikan Kesalahan Konsep Pembelajaran Sejarah. Jurnal Paramita Vol.22, No.2.
Suryadi, Andy. 2012. Pembelajaran Sejarah dan Problematikanya. Jurnal Historia Pedagogia Vol. 1 No. 1.
Suryani, Nunuk.2 016. Utilization of Digital Media to Improve The Quality and Attractiveness of The Teaching of History. Journal Internasional Conference On Teacher Training and Education (ICTTE) Sebelas Maret University Vol. 2 No.1
Tanjung, Samsidar. 2015. Pengaruh Media Pembelajaran Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Sejarah. Jurnal Paramita Vol 25 No. 2.
Utomo, Budi, dkk. 2018. Wayang Suluh As a Learning Media in Teaching History in High School. Paramita: Historical Studies Journal Vol.28 No.1.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal Indonesian Journal of History Education agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.