Pengembangan Bahan Ajar Handout Materi KH. Ahmad Rifa'i Dalam Pembelajaran Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia di SMA Negeri 1 Bandar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui analisis kebutuhan bahan ajar sejarah di SMA Negeri 1 Bandar, pengembangan bahan ajar handout materi KH. Ahmad Rifa'i, dan kelayakan bahan ajar handout materi KH. Ahmad Rifa'i. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development dengan model pengembangan yang dikembangkan Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Penelitian ini melalui empat tahapan, yaitu pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Bandar selama ini menggunakan bahan ajar berupa LKS dan modul yang tersedia di sekolah. Bahan ajar yang ada belum terdapat materi mengenai KH. Ahmad Rifa'i. Sehingga dibutuhkan bahan ajar mengenai materi tersebut; (2) Pengembangan telah dilaksanakan dengan empat tahapan, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran; (3) Berdasarkan tingkat kelayakan hasil validasi ahli materi dan ahli media, handout yang dikembangkan menunjukan hasil 82,4% untuk validasi materi dan 83,1% untuk validasi media. Selain itu didapat pula hasil tanggapan guru sebesar 87,2% dan dari hasil tanggapan siswa sebesar 96,7%. Sehingga didapatkan hasil bahan ajar layak untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah di sekolah.
References
Atno. 2010. "Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Konstekstual dengan Media VCD Pembelajaran". Dalam Paramita. Vol. 20 No.1.
Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta: AV Publisher.
Daryanto dan Dwicahyono, Aris. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Hasan, S. Hamid. 2012. Pendidikan Sejarah untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita. Vol.22 No.1.
Jamil, Abdul. 2001. Perlawanan Kiai Desa: Pemikiran Dan Gerakan Islam K. H. Ahmad Rifa’i. Jakarta: LKIS.
Munib, Achmad, dkk. 2004. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press.
Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Romadi dan Kurniawan, Ganda. 2017. ‘Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Folklore untuk Menanamkan Nilai Kearifan Lokal kepada Siswal. Dalam Jurnal Sejarah dan Budaya. Vol. 11 No.1 Hal. 79-94.
Supardi, S. 2006. Pendidikan Sejarah Lokal Dalam Konteks Multikulturalisme. Cakrawala Pendidikan, Vol.1.
Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta.
Thiagarajan, S., Sammel, D. S., & Sammel, M. I. 1974. Leadership Training Institute. Special Education Minnesota.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal Indonesian Journal of History Education agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.