PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM SISWA TERINTEGRASI GUIDED INQUIRY UNTUK KETERAMPILAN PROSES SAINS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Uma Fadzilia Arifin
Subiyanto Hadisaputro
Endang Susilaningsih

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Praktikum Siswa (LKPS) terintegrasi guided inquiry untuk keterampilan proses sains siswa yang layak, efektif, praktis dan mendapat respon positif dari penggunanya. Desain penelitian yang digunakan yaitu Research and Development. Desain ini menggunakan Three-D Models yaitu Define, Design, and Develop. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Secara kuantitatif, data hasil penelitian dianalisis dengan cara menghitung rerata skor dan menentukan kriteria pada interval kelas tertentu. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa LKPS memperoleh skor rerata validasi sebesar 76 sehinga dinyatakan layak secara teoretis. LKPS dinyatakan efektif karena 28 siswa mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada hasil tes dan keterampilan proses sainsnya mendapat predikat baik. Selain itu, data angket menunjukkan bahwa LKPS dinyatakan praktis dan mendapat respon baik dari penggunanya. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa LKPS terintegrasi guided inquiry untuk keterampilan proses sains dinyatakan layak, efektif, praktis dan mendapat respon positif dari penggunanya sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Afiyanti, N.A., Cahyono, E. & Soeprodjo, 2014. Keefektifan Inkuiri Terbimbing Berorientasi Green Chemistry terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, VIII(1): 1281-88.
Ariyati, M., 2010. Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Matematika dan IPA, I(2): 1-12.
Aydın, A., 2013. Representation of Science Process Skills in The Chemistry Curricula for Grades 10, 11 And 12 / Turkey. International Journal of Education and Practice, I(5): 51-63.
Budiada, I.W., 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Asesmen Portofolio terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan, I(1): 1-16.
Darmodjo, D. & Kaligis, 1992. Pendidikan IPA II. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.
Karsi & Sahin, 2009. Developing Worksheet Based On Science Process Skills ; Factors Affecting Solubility. Journal of Science Learning and Teaching, I(10): 1-12.
Matthew, B.M. & Kenneth, I.O., 2013. A Study on The Effects of Guided inquiry Teaching Method on Students Achievement in Logic. International Researcher, II(1): 134-40.
Nugroho, E.B.P., Budiasih, E. & Sukarianingsih, D., 2013. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMA/MA Kelas X Semester 2 Berbasis Learning Cycle 5E. Atikel Publikasi Universitas Negeri Malang.
Odja, A. & Rahandra, P., 2010. Pembelajaran Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal FMIPA, III(4): 56-68.
Rahmawati, R., Haryani Sri & Kasmui, 2014. Penerapan Praktikum Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, VIII(2): 1390-97.
Rustaman, N., 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: UPI Press.
Sadeh, I. & Zion, M., 2012. Which Type of Inquiry Project Do High School Biology Students Prefer: Open or Guided? International Journal Springer Science , (42): 831–48.
Siska, M., Kurnia & Sunarya, Y., 2013. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA melalui Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, I(1): 69-75.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukamsyah, S., 2011. Upaya Peningkatan Hasil Belajar dengan Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Tipe A pada Konsep Kalor Siswa Kelas VII SMP N 5 Seluma. Jurnal Exacta, IX(1): 38-44.
Supriyatman & Sukarno, 2014. Improving Science Process Skills (SPS) Science Concepts Mastery (SCM) Prospective Student Teachers Through Inquiry Learning Instruction Model By Using Interactive Computer Simulation. International Journal of Science and Research (IJSR), III(2): 6-9.
Susantini, E., H, M.T., Isnawati & Lisdiana, L., 2012. Pengambangan Petunjuk Praktikum Genetika untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, I(2): 102-08.
Thiagarajan, 1974. Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.
Widayanto, 2009. Pengembangan Keterampilan Proses dan Pemahaman. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, (5): 1-7.
Winarti, T. & Nurhayati, S., 2014. Pembelajaran Praktikum Berorientasi Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, VIII(2): 1409-20.