EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KIMIA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nastiti Sulistyowati
Antonius Tri Widodo Tri Widodo
Woro Sumarni

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah kimia merupakan indikator keberhasilan dalam pembelajaran. Untuk memperoleh kemampuan pemecahan masalah kimia yang baik, perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat membimbing  siswa dalam mengkonstruksikan pemikirannya sehingga siswa mampu menemukan konsep untuk memecahkan permasalahan yang ada. Model pembelajaran guided discovery learning merupakan model pembelajaran yang bertujuan melatih siswa dalam menemukan konsep secara mandiri untuk memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah kimia. Pemecahan masalah sistematis digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah kimia Penelitian dilakukan pada siswa di sebuah SMA di kabupaten Purworejo tahun ajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, angket,  dan metode tes. Penentuan sampel menggunakan cluster random sampling dimana diperoleh siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Hasil analisis kemampuan pemecahan masalah kimia menunjukkan kelompok eksperimen yang memiliki kemampuan pemecahan masalah dengan kategori minimal baik sebesar 81% sedangkan kelompok kontrol sebesar 41%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah kimia.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Aini, E.N. 2011. Penerapan guided discovery untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan komunikasi ilmiah siswa. Skripsi. Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang
Edu, D.O., Ayang, E.E. & Idaka, I. 2012. Evaluation of instructional methods and aptitude effects on the psychomotor performance in basic electricity among technical students in southern educational zone, cross river state, nigeria. American International Journal of Contemporary Research. 2(2): 117-123
Hartono. 2004. Pengembangan model fisika untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah bagi siswa smu. Jurnal Penelitian Pendidikan. 20(1)
Jacobson, D.A., Eggen, P. & Kauchak, D. 2009. Methods for teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Japa. 2008. Buku pedoman ikip negeri singaraja. Singaraja: IKIP Singaraja
Mayer, R.E. 2004. Should three be a three-strikes rule againts pure. the american psychological association. American Psychologist Journal. 59(1): 14-19
Olufunmilayo, I.O. 2010. Comparative effect of the guided discovery and concept mapping teaching strategies on sss students’ chemistry achievement. Humanity & Social Sciences Journal. 5(1): 01-06
Santyasa, I.W. 2008. Pengembangan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika bagi siswa sma dengan pemberdayaan model perubahan konseptual berseting investigasi kelompok. Diunduh di undiksha.ac.id/images/img_item/628.doc tanggal 22 Juni 2011
Wena, M. 2009.

Most read articles by the same author(s)