Abstract

Peserta didik penting memiliki keterampilan metakognisi yang tercermin dalam kurikulum 2013. Salah satu pemberdayaan keterampilan metakognisi melalui soal pemahaman konsep berbasis keterampilan metakognisi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan, kualitas instrumen tes, dan profil keterampilan metakognisi peserta didik. Penelitian pengembangan dilakukan dengan langkah analysis, design, develop, implementation, evaluation (ADDIE). Peserta didik SMA N 1 Demak sebagai subjek penelitian implementasi I sebanyak 50 orang dan implementasi II sebanyak 80 orang. Teknik pengumpulan data kelayakan instrumen dilakukan melalui lembar validasi ahli, kuisioner tanggapan guru dan peserta didik; data kualitas terkait reliabilitas diperoleh melalui instrumen tes; serta data profil keterampilan metakognisi diperoleh melalui instrumen tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan melalui Microsoft Exel 2016. Hasil penelitian menunjukkan: instrumen tes dinyatakan valid isi oleh pakar dengan rerata skor 24,5 dari skor total 28 yang menunjukkan instrumen tes layak digunakan. Hasil analisis kualitas instrumen terkait reliabilitas soal tipe A sebesar 0,772 dan tipe B sebesar 0,856. Profil keterampilan metakognisi pada komponen perencanaan sebesar 77%, monitoring 70% dan evaluasi 65%. Simpulan dari penelitian ini diperoleh produk instrumen tes yang dinyatakan layak, reliabel serta dapat digunakan untuk menganalisis profil keterampilan metakognisi peserta didik.


Kata Kunci: Instrumen; Keterampilan Metakognisi; Larutan Penyangga