Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesifikasi, kevalidan, kelayakan, keefektifan, dan respon dari pengguna e-modul flipbook larutan elektrolit dan non elektrolit terintegrasi etno-STEAM batik untuk mengembangkan karakter kewirausahaan siswa. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan model penelitian 4D, yang terdiri atas tahap define, design, develop, and disseminate. Instrumen dalam penelitian ini yaitu meliputi lembar wawancara, instrument tes evaluasi, lembar validasi ahli, lembar angket kepraktisan, lembar angket respon siswa, lembar observasi karakter kewirausahaan siswa, dan lembar aktivitas siswa. Uji coba dilakukan melalui uji kelayakan 1 untuk mengetahui keterbacaan dan kepraktisan e-modul dan uji kelayakan 2 untuk mengetahui keefektifan e-modul. Hasil penelitian diperoleh spesifikasi e-modul yang memuat pembelajaran kimia berbasis budaya, terintegrasi etno-STEAM, dan indicator kewirausahaan. E-modul flipbook larutan elektrolit dan non elektrolit terintegrasi etno-STEAM batik memiliki skor total kevalidan materi dan media sebesar 70,67 dan 77,67 sehingga memiliki kategori yang sangat valid dan layak untuk digunakan. Respon dari siswa diperoleh dengan kategori sangat tinggi. Hasil evaluasi diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 100%. Hasil lembar aktivitas siswa dan lembar observasi karakter kewirausahaan berada pada kategori sangat tinggi. Sehingga e-modul efektif untuk mengembangkan karakter kewirausahaan siswa.