Penanaman Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Rembang Tahun Pelajaran 2017/2018

  • Wahyu Adya Lestariningsih Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial UNNES
  • Jayusman Jayusman Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial UNNES
  • Arif Purnomo Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial UNNES

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui nilai-nilai multikultural yang ditanamkan dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Rembang, mengetahui pelaksanaan nilai-nilai multikultural di SMA Negeri 1 Rembang, dan mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di SMA Negeri 1 Rembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan sumber. Analisis data yang digunakan adalah model analisis Interaktif. Berdasarkan hasil penelitian  mengungkapkan bahwa penanaman ilai-nilai multikultural dalam pembelajaran sejarah  yang diajarkan di SMA Negeri 1 Rembang sudah terlaksana dengan baik. Penanaman nilai-nilai multikultural dalam pemblajaran sejarah di SMA Negeri 1 Rembang tidak hanya diajarkan dalam kelas saja, namun juga melalui pembelajaran luar kelas. Kurikulum menjadi faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai multikultural yang ada di SMA Negeri 1 Rembang, dan pembelajaran luar kelas menjadi faktor pendorong dalam penanaman nilai-nilai multikultural.

Kata kunci: nilai; multikultural, pembelajaran sejarah

Published
2018-12-10
How to Cite
Lestariningsih, W., Jayusman, J., & Purnomo, A. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Rembang Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(2), 123-131. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ijhe/article/view/27636