Pembelajaran Sejarah, Persepsi dan Sikap Terhadap Figur Kartini Pada Siswa SMA N 2 Rembang Tahun 2018

  • Mohammad Syaiful Bakhri Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial UNNES
  • Cahyo Budi Utomo Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial UNNES
  • Bain Bain Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial UNNES

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh pembelajaran sejarah submateri kartini dan persepsi siswa dengan sikap siswa terhadap figur Kartini pada kelas XI SMA Negeri 2 Rembang tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah dan persepsi siswa berpengaruh dengan sikap siswa terhadap figur Kartini. Hal ini dibuktikan dengan Uji F yang diperoleh Fhitung lebih besar dari Ftabel5,522>1,653, Pada pengujian secara parsial (uji t) untuk variabel pembelajaran sejarah submateri kartini (X1) diperoleh t hitung lebih kecil dari t tabel 0,778<1,653 sehingga H1 ditolak. Untuk variabel persepsi siswa terhadap figur Katini (X2) diperoleh t hitung lebih besar daripada t tabel3,659 > 1,653, sehingga H2 diterima. Secara simultan pembelajaran sejarah dan persepsi siswa berpengaruh dengan sikap siswa terhadap figur Kartini sebesar 4,6 %. Secara parsial pengaruh pembelajaran sejarah dengan sikap siswa terhadap figur Kartini sebesar 0,32% dan pengaruh persepsi siswa dengan sikap siswa terhadap figur Kartini sebesar 4,6 %.

Kata kunci: persepsi; Kartini; pembelajaran sejarah

Published
2018-12-11
How to Cite
Bakhri, M., Utomo, C., & Bain, B. (2018). Pembelajaran Sejarah, Persepsi dan Sikap Terhadap Figur Kartini Pada Siswa SMA N 2 Rembang Tahun 2018. Indonesian Journal of History Education, 6(2), 132-140. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/ijhe/article/view/27641