Peningkatkan Hasil Belajar Sejarah Materi Kehidupan Masa Pra Aksara di Indonesia Melalui Kuis “Pintu Rahmat†Pada Siswa Kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Kuis “Pintu Rahmat†pada siswa kelas X Ilmu-Ilmu Sosial 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan kegiatan yang terdiri atas dua siklus. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket dan melakukan pengamatan dengan lembar pengamatan serta melalui tes evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis statistik deskriptif sederhana dengan menggunakan mean (rata-rata hitung). Hasil penelitian menunjukkan melalui Kuis “Pintu Rahmatâ€, diperoleh fakta hasil belajar sejarah meningkat. Nilai rata-rata kelas sebelum diadakan penelitian sebesar 76,92 dengan ketuntasan belajar hanya mencapai 59%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata kelas naik sebesar 80,77 dengan ketuntasan belajar mencapai 67%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 81,66 dengan ketuntasan belajar mencapai 78%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa Kuisâ€Pintu Rahmat†perlu dilaksanakan dalam pembelajaran di kelas, karena model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan pemahaman materi dan hasil belajar siswa serta keaktifan siswa meningkat.
Kata kunci: hasil belajar; kuis “pintu rahmatâ€
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal Indonesian Journal of History Education agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.