Pelaksanaan Penilaian Afektif Pada Pembelajaran Sejarah Kurikulum 2013 Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Temanggung Tahun Ajaran 2018/2019
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pemahaman guru sejarah di SMA Negeri 3 Temanggung mengenai penilaian afektif. (2) Mengetahui penerapan penilaian afektif yang dilakukan guru sejarah di SMA Negeri 3 Temanggung. (3) Mengetahui penyebab penerapan penilaian autentik di SMA Negeri 3 Temanggung pada Mata Pelajaran Sejarah belum berjalan optimal. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Guru Sejarah Peminatan Kelas XI, wakil kepala bidang kurikulum dan juga beberapa peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 3 Temanggung. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan study dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh informasi bahwa (1) Pemahaman guru sejarah mengenai penilaian autentik masih kurang dapat dilihat dari perbedaan pendapat dari pengertian, ciri-ciri, bentuk penilaian, teknik dan instrumen serta tujuan dari penilaian autentik. (2) Pelaksanaan penilaian autentik belum sesuai dengan RPP karena tidak semua bentuk penilaian aspek afektif dilaksanakan oleh guru sejarah seperti penilaian teman sejawat. (3) Kendala –kendala dalam menilai yang di temui guru sejarah di SMA Negeri 3 Temanggung adalah penilaian afektif pada kurikulum 2013 sangatlah rumit dan butuh waktu dan proses yang sangat panjang karena menyangkut perilaku setiap individu.
References
Creswell.2014. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fadlillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kasmadi, Hartono. 1996. Model-Model dalam Pengajaran Sejarah. Semarang: IKIP Semarang Press.
Kunandar. 2015. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Pers.
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pramono, Suwito Eko. 2014. “Kinerja Guru Sejarah: Studi Kausal Pada Guru-Guru Sejarah SMA di Kota Semarangâ€. Dalam jurnal Paramita Vol. 24, No. 1 - Januari 2014.
Ruslan, Tati Fauziah, Tuti Alawiyah. 2016. “Kendala Guru Dalam Menerapkan Penilaian Autentik Di Sd Kabupaten Pidieâ€. Dalam jurnal lmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Vol. 1, No 1- Tahun 2016 Hlm. 147-157.
Sahlan, Asmaun dan Angga Teguh. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Sayono, Joko. 2013. “Pembelajaran Sejarah Di Sekolah: Dari Pragmatis Ke Idealisâ€. Dalam jurnal Sejarah dan Budaya, Vol VII, No. 1- Tahun 2013, Hlm. 9-17
Sukanti. 2011. “Penilaian Afektif Dalam Pembelajaran Akuntansiâ€. Dalam jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. IX, No. 1 –Tahun 2011, Hlm. 74 -82.
Suryadi, Andy. 2012. Pembelajaran Sejarah dan Problematikanyaâ€.Dalam jurnal Historia Pedagogia Vol. 1, No. 1, Juni 2012.
Utomo, Cahyo Budi. 2010. Implementasi TQM Berorientasi Hard Skill dan Soft Skill dalam Pembelajaran Sejarah SMA di Kota Semarang. Dalam Jurnal Paramitha. Vol. 20, No. 1.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal Indonesian Journal of History Education agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.