Pelaksanaan Penilaian Afektif Pada Pembelajaran Sejarah Kurikulum 2013 Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Temanggung Tahun Ajaran 2018/2019

  • Aniza Oktarina Wulandari Jurusan Sejarah, Universitas Negeri Semarang, Semarang-Indonesia
  • Cahyo Budi Utomo Jurusan Sejarah, Universitas Negeri Semarang, Semarang-Indonesia
  • Andy Suryadi Jurusan Sejarah, Universitas Negeri Semarang, Semarang-Indonesia
Keywords: affective assessment, history teaching, 2013 Curriculum

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pemahaman guru sejarah di SMA Negeri 3 Temanggung mengenai penilaian afektif. (2) Mengetahui penerapan penilaian afektif yang dilakukan guru sejarah di SMA Negeri 3 Temanggung. (3) Mengetahui penyebab penerapan penilaian autentik di SMA Negeri 3 Temanggung pada Mata Pelajaran Sejarah belum berjalan optimal. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Guru Sejarah Peminatan Kelas XI, wakil kepala bidang kurikulum dan juga beberapa peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 3 Temanggung. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan study dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh informasi bahwa (1) Pemahaman guru sejarah mengenai penilaian autentik masih kurang dapat dilihat dari perbedaan pendapat dari pengertian, ciri-ciri, bentuk penilaian, teknik dan instrumen serta tujuan dari penilaian autentik. (2) Pelaksanaan penilaian autentik belum sesuai dengan RPP karena tidak semua bentuk penilaian aspek afektif dilaksanakan oleh guru sejarah seperti penilaian teman sejawat. (3) Kendala –kendala dalam menilai yang di temui guru sejarah di SMA Negeri 3 Temanggung adalah penilaian afektif pada kurikulum 2013 sangatlah rumit dan butuh waktu dan proses yang sangat panjang karena menyangkut perilaku setiap individu.

References

Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Creswell.2014. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fadlillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kasmadi, Hartono. 1996. Model-Model dalam Pengajaran Sejarah. Semarang: IKIP Semarang Press.
Kunandar. 2015. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Pers.
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pramono, Suwito Eko. 2014. “Kinerja Guru Sejarah: Studi Kausal Pada Guru-Guru Sejarah SMA di Kota Semarang”. Dalam jurnal Paramita Vol. 24, No. 1 - Januari 2014.
Ruslan, Tati Fauziah, Tuti Alawiyah. 2016. “Kendala Guru Dalam Menerapkan Penilaian Autentik Di Sd Kabupaten Pidie”. Dalam jurnal lmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Vol. 1, No 1- Tahun 2016 Hlm. 147-157.
Sahlan, Asmaun dan Angga Teguh. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Sayono, Joko. 2013. “Pembelajaran Sejarah Di Sekolah: Dari Pragmatis Ke Idealis”. Dalam jurnal Sejarah dan Budaya, Vol VII, No. 1- Tahun 2013, Hlm. 9-17
Sukanti. 2011. “Penilaian Afektif Dalam Pembelajaran Akuntansi”. Dalam jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. IX, No. 1 –Tahun 2011, Hlm. 74 -82.
Suryadi, Andy. 2012. Pembelajaran Sejarah dan Problematikanya”.Dalam jurnal Historia Pedagogia Vol. 1, No. 1, Juni 2012.
Utomo, Cahyo Budi. 2010. Implementasi TQM Berorientasi Hard Skill dan Soft Skill dalam Pembelajaran Sejarah SMA di Kota Semarang. Dalam Jurnal Paramitha. Vol. 20, No. 1.
Published
2019-07-31
How to Cite
Wulandari, A., Utomo, C., & Suryadi, A. (2019). Pelaksanaan Penilaian Afektif Pada Pembelajaran Sejarah Kurikulum 2013 Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Temanggung Tahun Ajaran 2018/2019. Indonesian Journal of History Education, 7(1), 9-21. https://doi.org/10.15294/ijhe.v7i1.30327