Modul Peninggalan Sejarah Hindu-Buddha Sebagai Bahan Ajar Alternatif Bagi Siswa SMA Kabupaten Semarang

  • Eko Sulistiawan Jurusan Sejarah Universitas Negeri Semarang, Semarang-Indonesia
  • Jayusman Jayusman Jurusan Sejarah Universitas Negeri Semarang, Semarang-Indonesia
  • R Suharso Jurusan Sejarah Universitas Negeri Semarang, Semarang-Indonesia
Keywords: development, alternative teaching materials, module, hindu buddhist heritage

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis kebutuhan bahan ajar materi perkembangan dan pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia bagi siswa SMA Kabupaten Semarang; (2) Mengetahui pengembangan bahan ajar modul tentang peninggalan sejarah Hindu-Buddha di Kabupaten Semarang; (3) Mengetahui kelayakan dari bahan ajar modul tentang peninggalan sejarah Hindu-Buddha di Kabupaten Semarang yang dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau RnD (Research and Development). Pada penelitian ini, peneliti melakukan penyederhanaan tahapan. Tahap penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan yaitu mencari potensi dan masalah, pengumpulan data atau informasi, mendesain produk, validasi desain dan perbaikan desain. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Ungaran menggunakan  bahan ajar berupa buku paket, LKS dan modul yang dikembangkan oleh guru sedangkan di SMA Kanisius Bhakti Awam hanya menggunakan buku paket saja. Semua bahan ajar tersebut kurang dalam hal desain yang kurang menarik serta belum terdapat materi yang bersifat lokal; (2) Pengembangan bahan ajar modul dilakukan melalui beberapa tahapan yang baik; (3) Hasil validasi tahap I materi mendapatkan hasil 73,3% dan validasi tahap II mendapatkan hasil 82,63%. Hasil validasi tahap I media mendapatkan hasil 68,5% dan validasi tahap II mendapatkan 89,5%. Sementara itu, hasil validasi oleh praktisi mendapatkan hasil 87,76% dan hasil tanggapan siswa mendapatkan hasil 84,12%. Sehingga bahan ajar modul peninggalan sejarah Hindu-Buddha di Kabupaten Semarang baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran sejarah.  

References

Ahmad, Tsabit Azinar. 2014. Kendala Guru dalam Internalisasi Nilai Karakter Pada Pembelajaran Sejarah. Jurnal Ilmiah Kependidikan: Khasanah Pendidikan: Vol.7 No.1.
Amin, Syaiful. 2011. Pewarisan Nilai Sejarah Lokal Melalui Pembelajaran Sejarah Jalur Formal dan Informal Pada Siswa SMA di Kudus Kulon. Paramita: Historical Studies Journal: Vol.21 No.1.
Atno. 2010. Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dengan Media VCD Pembelajaran. Paramita: Historical Studies Journal: Vol.20 No.1.
Darini, ririn. 2013. Sejarah Kebudayaan Indonesia Masa Hindu Buddha. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Dinas Pendidikan. 2001. Pendataan Museum Kepurbakalaan dan Benda Cagar Budaya di Kabupaten Semarang. Semarang: Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang.
Felicia, Maria. 2015.“Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Yang Inovatif”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma.
Kurniawan, Hendra. 2017. The Role Of Chinese In Coming Of Islam To Indonesia: Teaching Materials Development Based On Multiculturalism. Paramita: Historical Studies Journal: Vol.27 No.2.
Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Nafi’ah, Ulfatum dan Indah Wahyu Puji Utami. 2017. Development Of Sigil Based E-Book As Media For “Technology And Information For History Learning” Course. Paramita: Historical Studies Journal: Vol.27 No.1.
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.
Suharso, R. 2017. Pembelajaran Sejarah Lokal Pada Kelas Sejarah (Model Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Lokal Kota Kudus dalam Rangka Meningkatkan Minat Siswa pada Sejarah). Jurnal Sejarah dan Budaya: Vol.11, No.1.
Supriya. 2012. Pendidikan IPS dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Utomo, Cahyo Budi. 2015. Model Pengembangan perangkat Pembelajaran Sejarah Berorientasi Metakognitif Jenjang SMA. Paramita: Historical Studies Journal: Vol. 25 No. 1.
Wasino. 2007. Dari Riset hingga Tulisan. Semarang. UNNES Press.
Published
2019-07-31
How to Cite
Sulistiawan, E., Jayusman, J., & Suharso, R. (2019). Modul Peninggalan Sejarah Hindu-Buddha Sebagai Bahan Ajar Alternatif Bagi Siswa SMA Kabupaten Semarang. Indonesian Journal of History Education, 7(1), 22-32. https://doi.org/10.15294/ijhe.v7i1.30475