Pengembangan Bahan Ajar Handout Materi KH. Ahmad Rifa’i Dalam Pembelajaran Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia di SMA Negeri 1 Bandar

  • Karina Hasbi Jantari Jurusan Sejarah Universitas Negeri Semarang, Semarang-Indonesia
  • Bain Bain Jurusan Sejarah Universitas Negeri Semarang, Semarang-Indonesia
  • Romadi Romadi Jurusan Sejarah Universitas Negeri Semarang, Semarang-Indonesia
Keywords: handout, KH.Ahmad Rifa'i, history

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui analisis kebutuhan bahan ajar sejarah di SMA Negeri 1 Bandar, pengembangan bahan ajar handout materi KH. Ahmad Rifa’i, dan kelayakan bahan ajar handout materi KH. Ahmad Rifa’i. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development dengan model pengembangan yang dikembangkan Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Penelitian ini melalui empat tahapan, yaitu pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Bandar selama ini menggunakan bahan ajar berupa LKS dan modul yang tersedia di sekolah. Bahan ajar yang ada belum terdapat materi mengenai KH. Ahmad Rifa’i. Sehingga dibutuhkan bahan ajar mengenai materi tersebut; (2) Pengembangan telah dilaksanakan dengan empat tahapan, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran; (3) Berdasarkan tingkat kelayakan hasil validasi ahli materi dan ahli media, handout yang dikembangkan menunjukan hasil 82,4% untuk validasi materi dan 83,1% untuk validasi media. Selain itu didapat pula hasil tanggapan guru sebesar 87,2% dan dari hasil tanggapan siswa sebesar 96,7%. Sehingga didapatkan hasil bahan ajar layak untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah di sekolah.

References

Abidin, Yunus. 2016. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Atno. 2010. ‘Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Konstekstual dengan Media VCD Pembelajaran’. Dalam Paramita. Vol. 20 No.1.
Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta: AV Publisher.
Daryanto dan Dwicahyono, Aris. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Hasan, S. Hamid. 2012. Pendidikan Sejarah untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita. Vol.22 No.1.
Jamil, Abdul. 2001. Perlawanan Kiai Desa: Pemikiran Dan Gerakan Islam K. H. Ahmad Rifa’i. Jakarta: LKIS.
Munib, Achmad, dkk. 2004. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press.
Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Romadi dan Kurniawan, Ganda. 2017. ‘Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Folklore untuk Menanamkan Nilai Kearifan Lokal kepada Siswal. Dalam Jurnal Sejarah dan Budaya. Vol. 11 No.1 Hal. 79-94.
Supardi, S. 2006. Pendidikan Sejarah Lokal Dalam Konteks Multikulturalisme. Cakrawala Pendidikan, Vol.1.
Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta.
Thiagarajan, S., Sammel, D. S., & Sammel, M. I. 1974. Leadership Training Institute. Special Education Minnesota.
Published
2019-07-31
How to Cite
Jantari, K., Bain, B., & Romadi, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Handout Materi KH. Ahmad Rifa’i Dalam Pembelajaran Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia di SMA Negeri 1 Bandar. Indonesian Journal of History Education, 7(1), 40-49. https://doi.org/10.15294/ijhe.v7i1.30499