Internalisasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Pada Materi Pendudukan Jepang dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Anisatul Chasanah Jurusan Sejarah, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Cahyo Budi Utomo Jurusan Sejarah, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: internalisasi, karakter, pembelajaran sejarah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan mata pelajaran sejarah  dalam  pembentukan  karakter  peserta  didik  di  SMK  PGRI  1  Mejobo Kudus; mengetahui proses internalisasi nilai-nilai karakter pada mata pelajaran sejarah di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus; dan untuk mengetahui pengaruh internalisasi pendidikan karakter terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Pendudukan  Jepang  dan  Proklamasi  Kemerdekaan  Republik  Indonesia. Pendekatan penelitian ini adalah mixed method dengan jenis strategi embedded konkuren. Sampel dalam penelitian ini kelas X RPL, X AKL dan X TKKR 1 diambil dengan teknik simple random sampling dan sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, skala pengukuran perilaku peserta didik, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejarah memiliki peran dalam pembentukan karakter dengan cara menyisipkan nilai-nilai karakter kedalam pembelajaran. Proses internalisasi pendidikan karakter dimulai sejak penyusunan perencanaan pembelajaran sampai  evaluasi pembelajaran sejarah. Regresi linier sederhana diperoleh nilai signifikan (Asymp.Sig 2-tailed) sebesar 0,2. Karena nilai signifikan lebih besar dari 0,05 maka nilai residual terdistribusi dengan normal. Artinya terjadi pengaruh yang positif antara internalisasi pendidikan karakter terhadap hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dari 40 responden sebanyak 72,5% mencapai ketuntasan belajar pada materi Pendudukan Jepang dan Proklamasi Kemerdekaan RI.

References

Ahmad, T. A. (2014). “Kendala Guru Dalam Internalisasi Nilai Karakter Pada Pem-belajaran Sejarah”. Jurnal Khazanah Pendidikan, Vol. VII, No. 1, hal. 1-15.
Agung, L. (2012). Sejarah Pendidikan. Yogya-karta: Ombak.
Alex A. & Kaun C. T. (2012). “Bring Character Education into Classroom”. European Journal Of Educational Research,Vol. 1, No. 2, 163-170.
Creswell, J. W. (2017). Research Design: Pen-dekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Fitri. (2012). Reinventing Human Character: Pendidika Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamid, A., & Putu S. (2013). “Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa SMK Salafiah Prodi TKJ Kajen Margoyoso Pati Jawa Tengah”. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 3, No. 2, hal. 138-152.
Kartodirdjo, S. (2016). Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah.Yogyakarta: Ombak.
Lickona, Thomas. (2013). Educating for Char-acter: Mendidik untuk Membentuk Karakter, terj. Juma Wadu Wamaungu dan Editor Uyu Wahyuddin dan Suryani. Jakarta: Bumi Aksara.
Suharso, R. (2016). “Dream To Be Real: Diskursus Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di SMP Kebon Da-lem Semarang”. Jurnal Harmony, Vol. 2, No. 1, hal. 74-84.
Suparmini. (2013). “Internalisasi pendidikan islam dalam membangun karakter siswa (studi kasus di sekolah dasar negeri mangkubumen kidul no.16 su-rakarta)”. Tesis. Surakarta: Progam Studi Pendidikan Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sutarmi, Raharjo, T.J., Pramono, S. E. (2016). “Implementasi Pelaksanaan Pendidi-kan Karakter sebagai Landasan Wawa-san Kebangsaan di SMK Negeri 1 Ken-dal Kabupaten Kendal”. Jurnal of Edu-cation Social Studies, Vol. 5 (2), hal. 126 144.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sofiani, Y. (2016). “Pembelajaran Sejarah Berbasis Muatan Kearifan Lokal sebagai Sarana Peserta Didik Mendapatkan Hidden Value yang Dapat Dijadikan Pelajaran dalam Memaknai Kehidupan Sehari-Hari”. Dalam Mulyana, Agus., Dyah Kumalasari, dan Aman (Ed.). Prosiding Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Sejarah se-Indonesia: Kajian Muatan dan Posisi Mata Pelajaran Sejarah di Kurikulum 2013. Yogyakarta: Tim Penerbit Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.
Winarsih, I. (2017). “Peranan Pembelajaran Sejarah dalam Penanaman Nilai Karakter Religius dan Naionalisme di MAN Temanggung Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.
Published
2019-07-31
How to Cite
Chasanah, A., & Utomo, C. (2019). Internalisasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Pada Materi Pendudukan Jepang dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Indonesian Journal of History Education, 7(1), 93-102. https://doi.org/10.15294/ijhe.v7i1.32289