Kemampuan Komunikasi Antar Pribadi Dilihat dari Pola Asuh dan Konsep Diri pada Siswa SMP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fita Lestia Damayanti
Kusnarto Kurniawan
Ninik Setyowani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh dan konsep diri dengan komunikasi antar pribadi siswa sekolah menengah pertama secara parsial dan bersama-sama. Penelitian menggunakan desain kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 152 dari populasi 264 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket komunikasi antar pribadi, angket pola asuh dan skala komunikasi antar pribadi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi antar pribadi menunjukkan nilai sebesar 149,52 dalam kategoti tinggi, nilai rata-rata pola asuh sebesar 127,46 berada pada kategori sedang, konsep diri nilai rata-rata 135,95 berada pada kategori tinggi. Sedangkan terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh dan konsep diri dengan komunikasi antar pribadi hasil perhitungan (R=0,778, p = < 0,05) dalam kategori kuat / tinggi. Analisis secara persial menunjukkan antara pola asuh dengan komunikasi antar pribadi terdapat hubungan signifikan (R=0,577, p = < 0,05), begitu pula antara konsep diri dengan komunikasi antar pribadi juga terdapat hubungan yang signifikan (R=0,731, p= <0,05).


 


This research aims to find out the relationship among the parenting and the self-concept with the interpersonal communication of the students junior high school partially and together. This research used the qualitative correlation design. The total of the sample was 152 from the population of 264 students with the technique of collecting sample used the Simple Random Sampling. The data collection tool used the questionnaire of the communication interpersonal, the questionnaire of parenting and the interpersonal communication scale. The technique of the data analysis used the descriptive analysis, the simple regression, and the double regression technique. The result of the research showed the score of the interpersonal communication was 149.52 in high category, the average score of the parenting was 127.64 in moderate category, and the average score of the self-concept was 135.95 in high category. Thus there was significance relation between the parenting and the interpersonal communication it was (R=0,778, p = < 0,05) in strong/high category. The analysis of partial showed that parenting with interpersonal communication was significant (R=0,577, p = < 0,05), and so between the self-concept with the interpersonal communication had the significance relationship (R=0,731, p= <0,05).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Damayanti, F., Kurniawan, K., & Setyowani, N. (2017). Kemampuan Komunikasi Antar Pribadi Dilihat dari Pola Asuh dan Konsep Diri pada Siswa SMP. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(4). https://doi.org/10.15294/ijgc.v6i4.18654

References

Amir. A. Subhan & Trianasari.2013. Pola Komunikasi Antar pribadi Dalam Pengasuhan Anak : Kasus Orang Tua Beda Agama. Jurnal Komunikasi KAREBA.2.(1).
Hurlock, E. Elizabeth.2003 .PsikologiPerkembangan. Jakarta: Erlangga.
Malik. M. A. 2013. Hubungan Pola Asuh Otoritatif, Kontrol Diri, Ketrampilan Komunikasi dengan, Agresivitas Siswa. Jumal Bimbingan dan Konseling "PSIKOPEDAGOGIA" .(2).2.
Muhamad, Arni. 2001. Komunikasi Organisasi. Semarang: PT Bumi Aksara.
Priyatno. Dwi. 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian “SPSS”. Yogyakarta. Gava Media.
Pujosuwarno.Sayekti. 2008. Bimbingan dan Konseling Keluarga. Menara Mas Offset. Yogyakarta.
Puspitasari.R. Putri. 2012. Hubungan konsep diri dan kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal pada remaja putus sekolah.(3).1.
Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Septiani,Widyawati.2017. Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Konsep Diri terhadap Perkembangan Kecerdasan Emosional. Indonesian Juournal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 6(3).22-26.
Sobur, Alex. 2013. Psikologi Umum dalam Lintas Sejarah. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyo. 2005. KomunikasiAntarPribadi. Semarang: Unnes Press.
Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal. Graha ilmu. Yogyakarta
Syam. Nina W. 2014. Psikologi Sosial Sebagai Akar Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Wonodihadrjo. Felicia. 2014. Komunikasi Kelompok Yang Mempengaruhi Konsep Diri Dalam Komunitas Cosplay“COSURA” Surabaya. Jurnal E--‐Komunikasi.(2).3.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>