Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Bimbingan dan Konseling 2013 Unnes

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Agung Nursamiaji
Kusnarto Kurniawan

Abstract

Motivasi belajar yang dimiliki mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran sangat berperan untuk meningkatkan prestasi akademik. Mahasiswa yang bermotivasi tinggi dalam belajar akan memperoleh prestasi akademik yang tinggi pula, artinya semakin tinggi motivasinya, semakin tinggi intensitas usaha dan upaya yang dilakukan, maka semakin tinggi prestasi akademik yang diperolehnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi akademik mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling angkatan 2013 Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling angkatan 2013 Universitas Negeri Semarang. Teknik sampel yang digunakan adalah Random Sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 32 mahasiswa. Analisis data menggunakan Analisis Deskriptif Persentase dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang angkatan 2013 memiliki tingkat motivasi belajar yang tinggi yaitu sebanyak 71,9% mahasiswa. (2) Mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang angkatan 2013 memiliki tingkat prestasi akademik yang tinggi yaitu sebanyak 68,8% mahasiswa. (3) Terdapat hubungan yang kuat antara motivasi belajar dengan prestasi akademik mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling angkatan 2013, dengan rhitung sebesar 0,721. Jadi semakin tinggi motivasi belajar maka semakin tinggi juga prestasi akademik mahasiswa dan sebaliknya.


Motivation owned by students in learning activities contribute to improve academic achievement. The higher the motivation, the higher the academic achievement obtained. The purpose of this study is determine the relationship between learning motivation and academic achievement of students in Guidance and Counseling department (GCD) force 2013 Unnes. This research is correlation with quantitative approach. The population were students of GCD force in 2013 Unnes. Sampling technique was random sampling to obtain sample (32 students). Two variables in this study are independent variable (learning motivation) and dependent variable (academic achievement). Data collection method using questionnaire. To test data validity use the formula Product Moment. Reliability test by using Alpha formula. Analysis of data using Descriptive Analysis Percentage and product moment correlation. The results showed that (1) Students of GCD Unnes force in 2013 on average have a high level of motivation to learn which are 71.9%. (2) Student of GCD Unnes force in 2013 on average have high level of academic achievement which are 68.8%. (3) There is a strong relationship between learning motivation and academic achievement of students in GCD force in 2013 Unnes, with rhitung at 0.721. So the higher the learning motivation, the higher the academic achievement.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nursamiaji, A., & Kurniawan, K. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Bimbingan dan Konseling 2013 Unnes. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(3). https://doi.org/10.15294/ijgc.v4i3.7561

References

Agustina, Lisa dan Hamdu, Ghullam. 2011. Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Volume: 12 No. 1, April 2011.

Ahmadi, Abu & Widodo, Supriyono. 2004. Psikologi belajar (edisi revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djaali. 2007. Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zein. 2002. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2009. Psikologi belajar dan mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Mere, Florensia Nancy. 2010. Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi akademik pada mahasiswa prodi keperawatan S1 Program A angkatan I Stikes Rs. Baptis Kediri. Jurnal STIKES RS. Baptis. Volume: 3, Edisi 1, Juli, 2010.

Mualimin, dkk. 2013. Korelasi motivasi berprestasi dan minat berorganisasi terhadap IPK mahasiswa bidikmisi biologi Unnes. Journal of Biology Education. Volume: 2 (1) (2013).

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nashar. 2004. Peranan motivasi dan kemampuan awal dalam kegiatan pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Purwanto, Ngalim, 2007. Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soetjiningsih. 2004. Tumbuh kembang remaja dan permasalahannya. Jakarta: Sagung Seto.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>