Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Penerima Manfaat di Baresos Wira Adhikarya

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Awang Ryana
Kusnarto Kurniawan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran motivasi belajar penerima manfaat di balai rehabilitasi sosial Wira Adhi Karya Ungaran, serta adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap motivasi belajar penerima manfaat. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif yang mencakup deskriptif prosentase dan uji beda (t-test), serta analisis kualitatif hasil wawancara. Hasil penelitian menemukan bahwa motivasi belajar penerima manfaat sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok termasuk dalam kategori sedang. Motivasi belajar penerima manfaat setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok termasuk dalam kategori tinggi. Ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap motivasi belajar penerima manfaat yaitu terdapat peningkatan motivasi belajar penerima manfaat dari sebelum dan setelah mendapat layanan bimbingan kelompok.


The purpose of this study to describe the motivation to learn beneficiaries in social rehabilitation centers Wira Adhi Karya Ungaran, and  also group counseling services there any influence on motivation to learn beneficiaries. The data analysis using descriptive quantitative analysis includes a percentage and a different test (t-test), as well as qualitative analysis of interviews. The study found that the motivation to learn beneficiaries before getting services, including group counseling in the medium category. Motivation to learn beneficiaries after getting guidance services group in the high category. There is the effect of group counseling services on motivation to learn beneficiaries that there is an increased motivation to learn beneficiaries of before and after receiving guidance services group.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ryana, A., & Kurniawan, K. (2015). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Penerima Manfaat di Baresos Wira Adhikarya. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(3). https://doi.org/10.15294/ijgc.v4i3.7932

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan (Edisi Revisi VI). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azwar, Saifudin. 2006. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Hamzah, B. Uno. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Mugiarso, Heru, dkk. 2004. Bimbingan dan Konseling. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1 Ayat 12.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>