PENGARUH ASESMEN KINERJA DALAM MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Suryati Suryati
Masrukan Masrukan
Wardono Wardono

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui:(1)  kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran ARIAS dengan asesmen kinerja dan pembelajaran ARIAS mencapai ketuntasan; (2) perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran ARIAS dengan asesmen kinerja, pada pembelajaran ARIAS, dan pada pembelajaran ekspositori; (3) kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada   pembelajaran   ARIAS dengan   asesmen   kinerja   lebih   baik   dari pembelajaran ARIAS; (4) kualitas pembelajaran, kinerja guru dan aktivitas peserta didik baik. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII MTsN Sumber, Rembang tahun pelajaran 2012/2013. Teknik sampel dalam penelitian ini cluster random sampling. Data diperoleh dengan metode tes dan metode observasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran ARIAS dengan asesmen kinerja dan pembelajaran ARIAS tuntas, ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran ARIAS dengan asesmen kinerja, pembelajaran ARIAS, dan pembelajaran ekspositori; kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran ARIAS dengan asesmen kinerja lebih baik daripada pembelajaran ARIAS;  kualitas pembelajaran, kinerja guru dan aktivitas peserta didik baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Suryati Suryati, Semarang State University

Mathematics departement

Masrukan Masrukan, Semarang State University

Mathematics departement

Wardono Wardono, Semarang State University

Mathematics departement
How to Cite
Suryati, S., Masrukan, M., & Wardono, W. (2013). PENGARUH ASESMEN KINERJA DALAM MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i3.3360

References

Ahmadi, K. L., Amri, S., & Elisah, T. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Hamdani. 2010. Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Jihad, A & Haris, A. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Multi Pressindo.

Lestari, B. 2008. Peningkatan Kualitas Pebelajaran dengan Model Cooperative

Learning. Jurnal Ekonomi & Pendidikan.

Masrukan. 2008. Kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika. Pengaruh penggunaan model pembelajaran dan asesmen kinerja terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika (Eksperimen pada siswa kelas VIII SMPN 10 dan SMPN 13 Kota Semarang). Disertasi. Semarang: Unnes.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston: Library of

Congress Cataloguing.

Sa’dijah, C. 2009. Asesmen Kinerja dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal pendidikan inovatif, 4(2): 92-95.
Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia Konstatasi Keadaan Masa Kini

Menuju harapan Masa Depan. Jakarta:Depdiknas.

Suherman, E, dkk. 2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Zulfarisna. 2009. Penggunaan Model ARIAS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI. IA 5 SMA Negeri 1 Padang Panjang Pada Kompetens Fungsi Komposisi. Jurnal Guru No.1 Vol 6 Juli. 2009: 37-42.