PENCAPAIAN KEMAMPUAN DAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN MODEL CPS DAN TAPPS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Retno Utami
Kartono Kartono
Stevanus Budi Waluya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan dan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada pembelajaran yang menggunakan model CPS dan TAPPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Sampel diambil secara acak dan terpilih tiga kelas sebagai kelas eksperimen I, eksperimen II, dan kontrol. Berdasarkan hasil uji proporsi diperoleh kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada pembelajaran yang menggunakan model CPS dan TAPPS mencapai ketuntasan belajar. Hasil uji anava dan uji lanjut  LSD menunjukkan bahwa kemampuan dan keterampilan pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran yang menggunakan model CPS lebih baik daripada model ekspositori, kemampuan dan keterampilan pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran yang menggunakan model TAPPS lebih baik daripada model ekspositori, kemampuan dan keterampilan pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran yang menggunakan model CPS lebih baik daripada model TAPPS.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

Retno Utami, Semarang State University

Mathematics Departement, Mathematics Education Study Program

Kartono Kartono, Semarang State University

Mathematics Departement, Mathematics Education Stydy Program

Stevanus Budi Waluya, Semarang State University

Mathematics Departement, Mathematics Study Program
How to Cite
Utami, R., Kartono, K., & Waluya, S. (2015). PENCAPAIAN KEMAMPUAN DAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN MODEL CPS DAN TAPPS. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i3.9060

References

Abdurrahman, M. 2012. Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Arends, R. I. 2008. Learning To Teach. New York: McGraw Hill Companies.
Carson, J. 2007. A Problem with Problem Solving: Teaching Thinking without Teaching Knowledge. The Mathematics Educator, 17(2): 7-14.
Fajariyah, N. I., et al. 2012. Keefektifan Implementasi Model pembelajaran Problem Posing dan Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik di SMP N 1 Tengaran. Unnes Journal of Mathematics Educations, 1(2): 22-28.
Hartantia, R. M., E. S. V. Hayus, & A. N. C. Saputro. (2013). Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Kimia pada Materi Pokok Termokimia Siswa Kelas XI IA2 SMA Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(2): 100-109.
Hartono, R. 2013. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta: Diva Press.
Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
Ismayani, A. 2010. Fun Math with Children. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Mahardika, I. K., Maryani, & S. C. C. Murti. 2012. Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Disertai LKS Kartun Fisika pada Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2): 231-237.
Novotna, J., et al. 2014. Problem Solving in School Mathematics Based on Heuristic Strategies. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 7(1): 1-6.
OECD. 2014. PISA 2012 Results in Focus: What 15 Year Olds Know and What They Can Do With What They Know.
Pate, M. L., G. W. Wardlow, & D. M. Johnson. 2004. Effects of Thinking Aloud Pair Problem Solving on the Troubleshooting performance of Undergraduate Agriculture Students in a Power Technology Course. Journal of Agricultural Education, Volume 45 Nomor 4.
Rahmi, Y. 2012. Teaching Reading by Using Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Strategy for XII Grade Student of Senior High School. Jurnal Pelangi, Volume I No 4.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Thobroni, M. & A. Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003.
Wardhani, S. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPPTK.
Warsita, B. 2008. Teknologi pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Wulandari, A. N., YL. Sukestiyarno, & Sugiman. 2013. Pengembangan Karakter dan pemecahan Masalah melalui pembelajaran Matematika dengan Model TAPPS. Unnes Journal of Mathematics Educations, 2(3): 40-46.
Wulandari, L., D. Murni, & Jazwinarti. 2012. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Strategi Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1): 17-20.

Most read articles by the same author(s)