PENINGKATAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP BERBASIS EMPAT PILAR PENDIDIKAN BAGI TUTOR POS PAUD DI KELURAHAN NGIJO KECAMATAN GUNUNGPATI

Main Article Content

Tri Suminar
Utsman Utsman
Abdul Malik

Abstract

Tujuan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan kualitas layanan pembelajaran untuk capaian hasil belajar pendidikan kecakapan hidup pada Pos PAUD Anak Kreatif di Kelurahan Ngijo. Metode untuk mencapai tujuan tersebut adalah menyelenggarakan program pelatihan bagi tutor atau kader Pos PAUD dalam mengelola pembelajaran.. Langkah pertama pelaksanaan pelatihan pembelajaran bagi tutor ini adalah sosialisasi dan koordinasi dengan pengelola Pos PAUD. Kedua, menyiapkan kurikulum pelatihan, bahan pelatihan, instrumen evaluasi pembelajaran dan fasilitas pembelajaran. Ketiga, pelaksanaan pelatihan dengan menggunakan kaji tindak berlokasi di Pos PAUD Anak Kreatif kelurahan Ngijo. Keempat, evaluasi program pelatihan dan keefektifan pelatihan terhadap kemampuan tutor Pos PAUD dalam mengelola pembelajaran pendidikan kecakapan hidup. Hasil pengabdian adalah tutor Pos PAUD dapat merancang, menerapkan dan mengevaluasi pembelajaran pendidikan kecakapan hidup berbasis empat pilar pendidikan yang terintegrasi dalam pendekatan BCCT (Beyond Center and Circle Time). Pembelajaran ini dapat memotivasi anak  mencapai perkembangan anak usia dini aspek kognitif (menggali dan mengolah informasi pengetahuan sebagai proses menalar), aspek bahasa (tanya jawab menyampaikan pengetahuannya, dan bercerita pengalamannya), aspek seni (menyanyi, menggambar, mewarnai) dan fisik motorik anak melalui aktivitas belajar sambil bermain di dalam dan luar kelas (membentuk lingkaran besar dan kecil, menirukan gerakan hewan).

Article Details

How to Cite
Suminar, Tri, Utsman Utsman, and Abdul Malik. 2019. “PENINGKATAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP BERBASIS EMPAT PILAR PENDIDIKAN BAGI TUTOR POS PAUD DI KELURAHAN NGIJO KECAMATAN GUNUNGPATI”. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 1 (1), 84-93. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i1.28699.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)