PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR IPS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 29 SEMARANG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
The purposes of researchare (1) To know the utilization of Social science learning sources by the students; (2) To know the influence of the utilization of Social science learning sources on the learning results ofeighth grade in SMP Negeri 29 Semarang. Data analysis for the utilization of Social science learning resources using frequency descriptive, and simple linear regression analysis for the influence of utilization of Social science learning resources on learning results. The results showed that (1) The utilization of Social science learning sources in SMP Negeri 29 Semarang; (2) The influence of the utilization of Social science learning sources on the students learning results. The regression equation is Y = 13.788 + 1.145X means the increase of learning results on student learning method is positive. The average of the students learning methodis 39.38, according to the regression equation,the learning result is 68 (below the KKM).
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui Pemanfaatan Sumber Belajar IPS oleh siswa kelas VIII di SMP Negeri 29 Semarang; (2) Mengetahui Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar IPS Terhadap Hasil Belajar pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 29 Semarang. Analisis data untuk pemanfaatan sumber belajar IPS menggunakan deskriptif frekuensi, dan analisis pengaruh pemanfaatan sumber belajar IPS terhadap hasil belajar siswa menggunakan metode analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Pemanfaatan sumber belajar IPS pada SMP Negeri 29 Semarang, secara umum dikategorikan sering memanfaatkan sumber belajar IPS; (2) Pengaruh pemanfaatan sumber belajar IPS terhadap hasil belajar pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 29 Semarang persamaan regresinya adalah Y= 13,788+1,145X yang berarti kenaikan hasil belajar terhadap cara belajar siswa adalah sebesar 1,145 dengan koefisien regresinya positif. Rata-rata nilai cara belajar siswa berdasarkan kuesioner yang diberikan adalah 39,38 sehingga berdasarkan persamaan regresinya dihasilkan nilai hasil belajar sebesar 68 (dibawah nilai KKM).
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
All writings published in this journal are personal views of the authors and do not represent the views of this journal and the author's affiliated institutions. Author(s) retain copyrights under the license of Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).
References
Masykur. 2015. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar pada Materi Proses Persiapan Kemerdekaan Indonesia Melalui Kolaborasi Model Pembelajaran Student TeamAchievement Division dan Time Token (Kelas VIII A SMP Negeri 3 Pekalongan). Dalam Jurnal Harmony, Vol. 2 No. 1, Hal. 65 – 75. Semarang: UNNES.
Nisa, Aisyah Nur Sayidatun, dkk. Pelaksanaan Pembelajaran IPS Berbasis Keunggulan Lokal dalam Upaya Membangun Keterampilan Sosial Mahasiswa Pendidikan IPS. Dalam Jurnal Refleksi Edukatika. Vol. 6. No. 2. Hal. 172-179.
Purnomo, Arif, Dkk. 2016. Model Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Materi Kontroversi (Controversy Issues) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Semarang. Dalam Jurnal Penelitian Pendidikan (JPP), Vol. 33 No.1, Hal.13-25. Semarang: UNNES.
Purwanto. 2002. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: rineka cipta.
Sudaryono. 2012. Dasar-dasr Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suprayogi, dkk. 2011. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Semarang: Widya Karya.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Visminah, P dan Maheswara Rao.ch. 2016. The role of Audio Visual Aids In Teaching and Learning English Language. Intenasional Journal of Scientific Research. Vol 5 Issue
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.