Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Bermuatan Literasi Numerasi Untuk Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Termokimia

Authors

  • Uswannas Ghaniyul Ilmi Universitas Negeri Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.15294/g61n2p69

Keywords:

Literasi, Numerasi, Pemahaman Konsep, Termokimia , Tes Diagnostik

Abstract

Tes diagnostik yang tersedia berkonteks sederhana dan belum menyesuaikan dengan kategori soal dalam tes PISA dan tes AKM. Penelitian bertujuan mengembangkan instrumen tes diagnostik bermuatan literasi numerasi untuk analisis pemahaman konsep siswa pada materi Termokimia. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Pengembangan dengan model Plomp mencakup lima tahapan. Subjek penelitian dilakukan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jepara. Teknik analisis data meliputi kelayakan, kualitas, angket respon serta pemahaman konsep. Instrumen tes layak dari sisi validitas isi dengan skor 60 dari 72 dengan bukti emprik Aiken’s V skor 0,89 termasuk valid tinggi, validitas butir soal 22 dari 25 butir valid dan reliabilitas model Rasch dengan skor person reliability 0,84, item reliability 0,89, alpha cronbach 0,87, person separation 3, dan item separation 4. Instrumen tes mengungkap profil pemahaman konsep siswa pada materi Termokimia dengan persentase sebesar 42,5% siswa memahami konsep, 14,9% tidak memahami konsep, 9,1% miskonsepsi positif, 9,4% miskonsepsi negatif, serta 24,10% miskonsepsi. Simpulan diperoleh produk instrumen tes diagnostik bermuatan literasi numerasi yang layak, berkualitas, dan memberi respon positif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

25-04-2025

Article ID

12963

How to Cite

Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Bermuatan Literasi Numerasi Untuk Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Termokimia. (2025). Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 19(1), 74-81. https://doi.org/10.15294/g61n2p69

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.