Efektivitas Penggunaan Problem Based Learning Berbantuan E-modul Terintegrasi Etno-STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.15294/10tnwr02Keywords:
Pembelajaran Berdiferensiasi, Materi Stoikiometri, Berpikir KritisAbstract
Penelitian memiliki tujuan untuk menganalisis efektivitas peningkatan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik dengan pembelajaran problem-based learning berbantuan E-modul terintegrasi etno-STEM. Penelitian meggunakan pre-test post-test control group design. Populasi penelitian terdiri dari 220 peserta didik dari 7 kelas peserta didik kelas XI MIA di sebuah SMA yang terletak di Jawa Tengah. Kelas kontrol dan kelas eksperimen sampel penelitian yang dipilih secara acak. Pada kelas eksperimen pembelajaran problem-based learning dengan E-modul terintegrasi etno-STEM, sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran problem-based learning tanpa E-modul terintegrasi etno-STEM. Sebelum pembelajaran, kedua kelas menyelesaikan pre-test dan setelah pembelajaran dilakukan post-test. Post-test digunakan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan berpikir kritis kedua kelompok sampel. Setelah dilakukan uji t independen, ditemukan nilai signifikansi kurang dari 0,001. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kelas kontrol dan kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata yang berbeda secara signifikan. Hasil uji N-gain kelas kontrol lebih kecil dibandingkan kelas eksperimen; N-gain kelas eksperimen sebesar 0,7427 (kategori tinggi), namun N-gain kelas kontrol sebesar 0,5939 (kategori sedang). Hasil penelitian menunjukkan bagaimana pembelajaran problem-based learning dengan alat E-modul terintegrasi etno-STEM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis.