KEEFEKTIFAN METODE DRILL AND PRACTICE BERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode Drill and Practice berbantuan media kartu soal dan untuk mengetahui persentase ketuntasan belajar aspek penguasaan konsep dan keterampilan preentasi siswa setelah pembelajaran tersebut diterapkan pada materi Koloid. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Kelas XI TSM 1 sebagai kelas eksperimen mendapat pembelajaran dengan metode Drill and Practice berbantuan media kartu soal sedangkan kelas XI TKKB sebagai kelas kontrol mendapat pembelajaran dengan metode Drill and Practice biasa tanpa berbantuan media kartu soal. Data penelitian diperoleh dengan metode dokumentasi, tes, angket dan observasi. Pembelajaran yang diterapkan efektif pada hasil belajar karena tercapainya indikator efektif dari aspek penguasaan konsep dan keterampilan. Aspek penguasaan konsep dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol, karena thitung = 2,529 > t(0,95)(58) = 2.002. Persentase ketuntasan belajar aspek penguasaan konsep kelas eksperimen sebesar 90.90% sedangkan kelas kontrol sebesar 77.78%, persentase ketuntasan aspek keterampilan presentasi kelaseksperimen 84.84% dan kelas kontrol 77.78%, lebih dari 75% siswa telah mencapai ketuntasan dari KKM sebesar 75.