PROFIL METAKOGNISI PESERTA DIDIK PADA PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES PENGUKURAN METAKOGNISI TERUJI PRODUK MATERI ASAM BASA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Erta Alifah Febrianti
Sri Haryani

Abstract

Metakognisi merupakan salah satu keterampilan dasar pembelajaran mandiri untuk mempersiapkan pendidikan abad 21 yang diwujudkan melalui Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk instrumen tes pengukuran untuk mengetahui profil metakognisi peserta didik materi asam basa. Metode penelitian mengadaptasi model 4DThiagarajan yang dilakukan hanya sampai tahap 3D, yaitu define, design, development. Mahasiswa jurusan kimia UNNES sebanyak 10 orang sebagai subyek penelitian uji pendahuluan dan peserta didik SMA N 9 Semarang sebanyak 30 orang pada uji coba skala kecil & 60 orang pada uji coba skala besar. Penelitian dilakukan pada bulan Januari - Februari. Teknik analisis data profil metakognisi diperoleh dari analisis hasil jawaban peserta didik dan wawancara. Pengukuran reliabilitas instrumen menggunakan reliabilitas skor komposit koefisien alpha strata, dan diperoleh koefisien reliabilitas instrumen tes sebesar 0,917. Validitas instrumen tes melalui penilaian pakar dan didapatkan skor 34 dari total skor 40 sehingga dinyatakan valid. Hasil penelitian ketercapaian profil metakognisi paling tinggi pada kategori sedang yaitu 31 peserta didik dengan 49% sedangkan proporsi indikator paling tinggi pada level indikator mengembangkan pengenalan strategi berpikir dan merefleksi prosedur secara evaluative sebesar 24%. Simpulan dari penelitian ini adalah didapatkan produk pengembangan instrumen tes yang dinyatakan valid dan reliabel serta mampu mengukur profil metakognisi peserta didik dengan baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Erta Alifah Febrianti, Pendidikan Kimia Unnes

Chemistry Educational 2016

Semarang State University

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2