Efektivitas Penggunaan Media E-learning Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Brigitta Elga Kusuma Dewi
Woro Sumarni

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media e-learning berbasis website terhadap hasil belajar kognitif peserta didik yang ditinjau dari hasil pretest-posttest peserta didik kelas eksperimen-kontrol dan respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan media. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimental dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Desain dengan kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan menggunakan media e-learning berbasis website dalam proses pembelajaran dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan dengan menggunakan media konvensional. Hasil penilaian kelas eksperimen memperoleh rata-rata  nilai posttest sebesar 89,45 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata 74,42. Hasil analisis ketuntasan belajar diperoleh persentase ketuntasan belajar untuk kelas eksperimen sebesar 91,66% dan kelas kontrol sebesar 62,85%. Hasil perolehan uji N-gain, rata-rata nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 0,87 kriteria tinggi dan rata-rata nilai N-gain kelas kontrol sebesar 0,67 kriteria sedang. Hasil angket respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan media e-learning berbasis website, sebanyak 100% peserta didik menjawab termotivasi untuk melakukan pembelajaran dengan menggunakan media e-learning berbasis website pada materi reaksi redoks dan tata nama senyawa kimia.


Kata Kunci: E-learning; Media pembelajaran; Website

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>