Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Pemecahan Masalah Pada Materi Redoks

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nabila Izmi Farikh
Sri Haryani

Abstract

Abad ke-21 adalah abad dimana ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) berkembang sangat pesat, sehingga untuk mengahadapi abad 21, perlu diimbangi dengan sumber daya manusia yang berkualitas, salah satunya dengan cara menguasai kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik MAN 1 Tegal menggunakan instrument tes berbasis pemecahan masalah pada materi redoks. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model 4-D oleh Thiagarajan yang dimodifikasi. Tahap pada penelitian ini yaitu tahap define, design, dan develop. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA MAN 1 Tegal. Hasil tahap define dibutuhkan adanya pengembangan instrumen tes pemecahan masalah pada materi redoks. Produk tahap design berupa instrumen tes berbasis pemecahan masalah bentuk uraian. Tahap develop instrumen tes divalidasi oleh ahli/pakar dan diuji skala kecil serta skala besar. Kelayakan ditunjukkan oleh validasi ahli/pakar dinyatakan valid dengan skor 34,33 serta diuji reliabilitasnya dan dinyatakan reliabilitas tinggi dengan skor reliabilitas sebesar 0,74. Rerata kemampuan pemecahan masalah peserta didik MAN 1 Tegal paling tinggi sebesar 69%, yaitu pada indikator mengidentifikasi pertanyaan/masalah dari soal yang akan dipecahkan dan yang paling rendah sebesar 23% dengan indikator mengaplikasikan konsep atau mensubstitusikan nilai yang diketahui ke dalam rumus.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2