- Abstract viewed - 1028 times
- PDF downloaded - 2556 times
Affiliations
Ikhsan Fadilah Basir
Kimia FMIPA Unnes
Fransiska Widhi Mahatmanti
Affiliation not stated
Sri Haryani
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Nindy Novita Sari, Sri Haryani, Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah , Chemistry in Education: Vol 9 No 2 (2020): Terbit bulan Oktober 2020
- Nanda Ayu Lestari, Nanik Wijayati, Sri Haryani, Kasmui Kasmui, Analisis Miskonsepsi Siswa Materi Asam Basa Menggunakan Two-Tier Berbantuan CRI (Certainty of Response Index) , Chemistry in Education: Vol 9 No 2 (2020): Terbit bulan Oktober 2020
- Ita Mawaddah, Sri Haryani, Kasmui Kasmui, Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi terhadap Keterampilan Metakognisi Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Chinta Celi Ayu Cendana, Harjono Harjono, Sri Haryani, Murbangun Nuswowati, Korelasi Persepsi Kemampuan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa selama Pandemi Covid-19 di SMA Unggulan Nurul Islami Mijen , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Izza Ratna Kumala, Woro Sumarni, Sri Haryani, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Naftalina Ulik Adhelia, Endang Susilaningsih, Kasmui Kasmui, Sri Haryani, Desain Instrumen Three Tier Multiple Choice Diagnostic Test Berbantuan E-Project Technology Untuk Analisis Pemahaman Konsep Siswa , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Rani Lailatul Qodriyah, Endang Susilaningsih, Sri Haryani, Desain Instrumen Tes Berbasis Makroskopis, Mikroskopis, Simbolis untuk Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
- Siti Marfu'ah, Sri Haryani, Endang Susilaningsih, Cepi Kurniawan, Pengembangan Instrumen Tes untuk Analisis Keterampilan Metakognisi pada Materi Larutan Penyangga , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Nabila Izmi Farikh, Sri Haryani, Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Pemecahan Masalah Pada Materi Redoks , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Farah Nur Rohmah, Endang Susilaningsih, Sri Haryani, Kasmui Kasmui, Desain Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Bermuatan High Order Thinking Skills untuk Menganalisis Kompetensi Minimum Siswa Materi Asam-Basa , Chemistry in Education: Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
Desain Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Bermuatan High Order Thinking Skills untuk Menganalisis Kompetensi Minimum Siswa Materi Asam-Basa
Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022
Submitted: Jul 27, 2022
Published: Dec 8, 2022
Abstract
Pengembangan AKM didasarkan pada kolaborasi PISA dan TIMSS yang menyatakan rerata kemampuan membaca siswa Indonesia berada di bawah rerata Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) dan di bawah jangkauan siswa di negara-negara ASEAN. Tujuan penelitian yaitu mendesain instrumen tes AKM literasi membaca bermuatan High Order Thinking Skills yang teruji dari segi kelayakan, validitas dan reliabilitasnya. Metode yang digunakan yaitu R&D dengan desain 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate) dengan subyek penelitian siswa kelas XI dan XII SMA Negeri 3 Semarang dengan teknik analisis data melalui validasi instrumen tes dan non tes oleh Pakar, analisis soal model Rasch dengan uji validitas (item fit dan person fit), reliabilitas, tingkat kesukaran butir dan abilitas individu (item dan person measure), dan skalogram. Penelitian menghasilkan instrumen tes yang dinyatakan reliabel dengan skor 0,87 dan valid berdasarkan validitas isi dengan skor 42,67 dari skor total 48. Instrumen tes juga mengungkap profil kemampuan minimum siswa kategori Mahir sebesar 31%, Perlu Intervensi Khusus 20%, Dasar 23% dan Cakap 26%. Hasil rekapitulasi angket tanggapan siswa dengan proporsi sangat setuju 35% dan setuju 58%, hasil rekapitulasi angket tanggapan guru didapatkan skor 57 dan 58 untuk guru (1) dan (2) dari skor total 60, kategori sangat setuju.