- Abstract viewed - 703 times
- PDF downloaded - 2552 times
Affiliations
Carolina Romawati
Unnes
Edy Cahyono
Universitas Negeri Semarang
Nanik Wijayati
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Elyta Mariana, Edy Cahyono, Endah Fitriani Rahayu, Bowo Nurcahyo, Validasi Metode Penetapan Kuantitatif Metanol dalam Urin Menggunakan Gas Chromatography-Flame Ionization Detector , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 3 (2018)
- Hartias Rizalina, Edy Cahyono, Sri Mursiti, Bowo Nurcahyo, Supartono Supartono, Optimasi Penentuan Kadar Metanol dalam Darah Menggunakan Gas Chromatography , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 3 (2018)
- Tri Septiyaningsih, Edy Cahyono, Nanik Wijayati, Identifikasi Senyawa Minyak Daun Kari (Murraya koenigii) dan Kajian Reaksi Oksidasinya dengan KMnO4 , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 3 (2019)
- Tri Budi Yuliyati, Edy Cahyono, Nanik Wijayati, Enkapsulasi Minyak Kemangi (Ocimum basilicum) pada Maltodekstrin dan β-siklodekstrin , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 1 (2020)
- Imam Syafi'i, Edy Cahyono, F. Widhi Mahatmanti, Dante Alighiri, Sintesis Ï-mentana-3,8-diol dan Aplikasinya sebagai Gel Air Freshener Penolak Nyamuk Aedes aegypti , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 9 No 3 (2020)
- Rizka Ayu Melykhatun, F. Widhi Mahatmanti, Nanik Wijayati, Pengembangan Media Chemo-Edutainment (CET) Berbasis Intertekstual sebagai Media Pembelajaran Kimia SMA Kelas XI Materi Hidrokarbon , Chemistry in Education: Vol 8 No 2 (2019): Terbit bulan Oktober 2019
- Nanda Ayu Lestari, Nanik Wijayati, Sri Haryani, Kasmui Kasmui, Analisis Miskonsepsi Siswa Materi Asam Basa Menggunakan Two-Tier Berbantuan CRI (Certainty of Response Index) , Chemistry in Education: Vol 9 No 2 (2020): Terbit bulan Oktober 2020
- Utami Agustin, Endang Susilaningsih, Sri Nurhayati, Nanik Wijayati, Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Four-Tier Multiple Choice untuk Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia , Chemistry in Education: Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022
- Erlinda Eka Kurniawati, Sri Susilogati Sumarti, Nanik Wijayati, Murbangun Nuswowati, Pengaruh Project Based Learning Berorientasi Chemoentrepreneurship Berbantuan e-LKPD terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Wirausaha , Chemistry in Education: Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021
- Lutfi Afifaturrochmah, Sri Susilogati Sumarti, Murbangun Nuswowati, Nanik Wijayati, ANALISIS HASIL BELAJAR DAN SELF EFFICACY BERWIRAUSAHA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN LARUTAN PENYANGGA MENGGUNAKAN E-LKPD BERMUATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP , Chemistry in Education: Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
ANALISIS HASIL BELAJAR DAN SELF EFFICACY BERWIRAUSAHA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN LARUTAN PENYANGGA MENGGUNAKAN E-LKPD BERMUATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP
Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021
Submitted: Oct 28, 2020
Published: Dec 16, 2021
Abstract
Salah satu fokus dari pembelajaran adalah hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis profil hasil belajar dan self efficacy berwirausaha peserta didik pada pembelajaran larutan penyangga menggunakan E-LKPD bermuatan CEP di SMA Negeri 2 Kebumen. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian mix methods dengan metode eksplanatori sekuensial. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kajian pustaka, wawancara, tes, angket, dan observasi. Teknik analisis data instrumen penilaian hasil belajar dilakukan dengan validitas ahli materi, validitas butir soal, dan reliabilitas. Hasil validitas ahli materi yaitu 67,86% dengan kategori “layakâ€dan reliabilitas sebesar 0,53 dengan kategori “cukupâ€. Hasil validitas pakar instrumen lembar observasi dan angket berturut-turut mendapat skor 90,28% dan 85,42% dengan kategori “sangat layakâ€. Profil hasil belajar kognitif menunjukkan nilai rata-rata peserta didik belum mencapai ketuntasan belajar klasikal dengan perolehan nilai sebesar 78 dan persentase hasil ketuntasan klasikal sebesar 67%. Nilai rata-rata peserta didik pada aspek psikomotorik dan afektif sudah mencapai ketuntasan belajar klasikal berturut-turut sebesar 81 dan 85 dengan persentase hasil ketuntasan klasikal berturut-turut sebesar 83% dan 97%.