TEORI PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF PADA PENDIDIKAN IPS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yusuf Falaq
Noviani Achmad Putri
Muh. Sholeh
Cahyo Budi Utomo

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kajian pustaka, yang merupakan jenis penelitian yang mengunakan pengumpulan data melalui observasi dan kajian literasi. Teori Pembelajaran Transformatif pemaknaan dan lingkup pada pembelajaran IPS di sekolah. Teori pembelajaran ini menyebutkan secara praktikal, artinya kesatuan proses, cara, dan tindakan buat menghasilkan seseorang belajar. Di era pandemi ini dituntut pembelajaran wajib terus berlangsung, maka banyak sekali upaya dilakukan oleh semua kelembagaan pendidikan. Salah satunya dikenalkan contoh pembelajaran yang paling efektif buat menjawab problem ini yaitu contoh pembelajaran hybrid learning. Hybrid learning artinya metode pembelajaran kombinasi antara pembelajaran tatap muka menggunakan pembelajaran dalam jaringan. Hal ini ialah upaya dari pemerintah buat menyesuaikan serta menyiapkan diri buat hidup berdampingan dengan pandemi. diperlukan strategis dan model yang sudah direcanakan bisa berjalan baik dalam proses pembelajaran IPS di sekolah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Boyd, R. D. 1991. Personal Transformation in Small Group: A Jun-gian Perspective. London: Routledge.

Boyd, R. D. dan G. J. Myers. 1988. Transformative Education. International Journal of Lifelong Education, Vol. 7(4), 261-284.

Budinungsih, C. Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Cranton, P. 2005. Understanding and Promoting Transformative Learning. San Francisco: Jossey-Bass.

Daloz, L. 1986. Effective Teaching and Mentoring: Realizing the Transformational Power of Adult Learning Experiences. San Francisco: Jossey-Bass.

Dalyono, M. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Freire, P. 1973. Education for critical consciousness. New York, NY: Seabury Press.

Hardika. 2012. Pembelajaran Transformatif Berbasis Learning How To Learn: Teori, Model, dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Malang: UMM Press.

Irwanto, Hendriaty, A., & Hestyanti, Y. R. 2001. Alternative education for disadvantaged youth in Indonesia. International Institute for Educational Planning/UNESCO. Diakses dari http://www.unesco.org/iiep.

Mezirow, J. 1998. On critical reflection. Adult Education Quarterly, 48(3), 185-198 Mezirow, J. (2000). Learning as transformation: Critical perspectives on a theory in progress. San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Nuryanto, M. A. 2006. Education and social transformation: Investigating the influence and reception of Paulo Freire in Indonesia. (Doctor of Philosophy). McGill University, Canada. Retreived from http://www.collectionscanada.gc.ca.

Rahyubi, H. 2012. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik: Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Cetakan I. Bandung: Nusa Media.