Internal Locus of Control dan Dukungan Keluarga terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Majenang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara internal locus of control dan dukungan keluarga dengan perencanaan karir siswa kelas X SMA Negeri 1 Majenang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini diambil sampel sebanyak 151 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala internal locus of control, angket dukungan keluarga dan angket perencanaan karir. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, uji normalitas data, uji linearitas, dan uji hipotesisi yaitu product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara internal locus of control dan dukungan keluarga dengan perencanaan karir siswa kelas X SMA Negeri 1 Majenang (Rhitung 0,528 ≥Rtabel 0,134; nilai signifikansi Fhitung 28,59 ≥ Ftabel 3,06). Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi internal locus of control dan dukungan keluarga maka semakin tinggi pula perencanaan karir, sebaliknya semakin rendah internal locus of control dan dukungan keluarga, semakin rendah pula perencanaan karirnya.
Kata kunci: Internal Locus of Control; Dukungan keluarga; Perencanaan Karir
ABSTRACT
The purpose of this research was to knoe relationship between internal locus of control and support families with career planning of students of xlass X SMA Negeri 1 Majenang. Type of this research is descriptive research korelasional. This research taken samples as many as 151 students. Data collectional is done using an internal locus of control csale, the now family support and career planning now. Data analysis techniques using descriptive analysis of the percentage of data normality, test, test and test the hypothesis of linearty, i.e. the product moment correlation and double. The results showed that there is a significant relationship between internal locus of control and support families with career planning of students of class X SMA Negeri 1 Majenang (Rhitung 0,528 ≥Rtabel 0,134; significane value Fhitung 28,59 ≥ Ftabel 3,06). It shows that the higher internal locus of control and family support the higher career planning, otherwise the lower internal locus of control and support of family, the lower the career planning anyway.
Keywords: Internal Locus of Control; Family Support; Career Planning
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Daly, dkk (2015). Family and Parenting Support Policy and Provision in a Global Context. UNICEF: Office of Research - Innocenti
Friedman, H.S. & M.W. Schustack. (2006). Kepribadian Teori Klasik dan Riset Modern. Jakarta: Erlangga
Komara, I.B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Psikopedagogia. 5(1): 33- 42.
Novitasari, A.D. (2015). Hubungan Antara Persepsi Dukungan Orang Tua Dengan Perencanaan Karir Pada Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Kalasan. Artikel E-Journal. 4(9): 1-16
Saraswati, S. and Z.N Amin. (2016). Career Planning Attitude of Javanese and Chinese Student. The Proceeding of 1st Semarang State University International Conference on. Counseling and Educational Psychology. 551-556.
Sharf. R,. (2010). Applying CareerDevelopment Theory to Counseling. California: Brooks/ Cole Publishing Company
Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Supriatna, M. & N. Budiman. (2009). Bimbingan Karir di SMK.
Widyastuti, N. & A. Widyowati. (2015). Hubungan antara Locus of control Internal dengan Kematangan Karir pada Siswa SMK N 1 Bantul. Jurnal Humanitas. 12(2): 82-89.
Winkel, W.S. & M.M.S Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
Zulkaida, A. Dkk. (2007). Pengaruh Locus Of Control dan Efikasi Diri terhadap Kematangan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Procceding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek & Sipil). Vol 2: B1-B4.
Zunkar, V.G. (2006). Career Counseling 7e A Holistic Approach. Amerika: Thomson Brooks/Cole