Indonesian Version

Jurnal ini memuat berbagai hasil kajian ilmiah yang bersumber dari pembelajaran sastra dan bahasa Jawa. Hasil penelitian tersebut dipublikasi dalam wujud tulisan yang memuat berbagai gambaran mengenai proses penelitian yang dilakukan. Proses penulisan pada jurnal ini menggunakan kaidah yang telah disepakati oleh Universitas Negeri Semarang.

English Version

This journal publishes various scientific studies on the teaching and learning of Javanese language and literature. The study results of accepted manuscripts portray diverse descriptions of the research process. The manuscripts also comply with the conventions that have been agreed by Semarang State University.

Vol 10 No 1 (2022): Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa

Pembelajaran bahasa Jawa di masa pandemi covid-19 dan peralihan menuju era new normal memerlukan proses pembelajaran yang inovatif dan efektif. Keefektifan tersebut dapat diukur dari seni mengajar dalam berbagai model, variasi media pembelajaran yang menarik, evaluasi atas bahan ajar yang digunakan, serta dukungan manajemen pembelajaran yang berkualitas. Hal tersebut tentu saja memerlukan referensi yang perlu dibagikan kepada para pembaca. Oleh karena itu, pada edisi ini, artikel-artikel pembelajaran yang memuat berbagai hasil penelitian yang mendukung pembelajaran di masa pembelajaran daring di era new normal diperlukan untuk menunjang pembelajaran yang baik.

Published: 2022-07-03

View All Issues