Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing dengan Media Rolling Ball Game terhadap Motivasi Belajar Siswa Berbasis Daring dalam Pembelajaran IPS Pada Kelas VIII SMP N 33 Semarang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dyah Ayu Sagita Putri
Asep Ginanjar

Abstract

In the global era, it requires world education to always adjust and follow technological development to improve the quality of education, especially are used of varied and creative models and media for education, especially in the learning process. The purpose of this study was to determine the effect of the snowball throwing learning model with rolling ball game media on online-based students learning motivation in social education at the class of VIII SMP N 33 Semarang. The method used in this research is quantitative. The results of this study are (1) The learning implementation uses the snowball throwing learning model and the rolling ball game media at SMP N 33 Semarang. (2) The use of the snowball throwing learning model and the rolling ball game media can have an influence on student learning motivation in social studies learning. (3) There are obstacles, namely the available hardware such as cellphones or laptops and unstable internet networks during learning activities.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Putri, D., & Ginanjar, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing dengan Media Rolling Ball Game terhadap Motivasi Belajar Siswa Berbasis Daring dalam Pembelajaran IPS Pada Kelas VIII SMP N 33 Semarang. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 3(1), 30-39. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v3i1.44536

References

Adi, W. C. (2015). Pengembangan Virtual Laboratory pada Pokok Bahasan Sistem Ekskresi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bondowoso.

Akhiriyah, D. Y. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Semarang. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 1(2).

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asyar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Bhakti, C. P., & Maryani, I. (2016). Peran LPTK dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Calon Guru. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 1(2), 98-106.

Hamalik, O. (2002). Psikologi belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamdayama, J. (2014). Model dan metode pembelajaran kreatif dan berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia, 2(3).

Hasan, A. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.

Himam, M. W., Mufida, L., Zukhaira, Z., & Miftahudin, A. (2017). Rolling Ball: Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Kelas VIII MTs di Kabupaten Pekalongan. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 6(1), 50-55.

Komalasari, K. (2011). Media Pembelajaran IPS. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Loysiana, A. (2016). Tingkat Motivasi Belajar Siswa (Studi Diskriptif pada siswa kelas VI SD Maria Immaculata Cilacap Tahun Ajaran 2015/2016 dan Implementasinya Terhadap Penyusunan Topik Bimbingan Belajar. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Muchinin, R., & Purwanti, E. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID 19 Kelas IV SD N 1 Wonosari: Indonesia. Prosiding At Ta'dib STIT Pringsewu, 3(03), 8-8.

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.

Pradila, T. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada materi Himpunan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing di kelas VII 2 SMP Swasta Nurul Hasanah. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

Purnomo, A. (2018). Merancang Pembelajaran IPS. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat(PKBM). Karangayar: UNESA .

Rosyidi, A. W. (2009). Media Pebelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS (Konsep dan Pembelajaran). Bandung: Rosda Karya.

Sardiman, A. M. (1986). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Setiawan, I. (2016). Buku Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Setyowati, D. L. (2018). Panduan Penulisan Skripsi. Semarang : FIS UNNES.

Setyowati. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 13 Semarang.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sudjana, N. (2002). Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif R&D. Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif R&D. Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif R&D. Bandung: Alfa Beta.

Sukardi. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinta, S. N. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sumiati. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI IAIN SU Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Snowball Throwing Materi Ketentuan-ketentuan Puasa Rahmadan di kelas V SDN Manis. Skripsi: IAIN Sumatera Utara.

Susilawati & Rustati, I. (2013). Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. Program S1 UPI Kampus Serang.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu:Konsep,strategi,dan impletasinya dalam Kurikulum. Jakartya: Bumi Aksara.

Widayati, S. N., & Hafis. (2012). Model-model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Garuda Mas Sejahtera

Most read articles by the same author(s)