PENANAMAN SIKAP SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPSPADA SISWA SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWAKABUPATEN SEMARANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yekti Utami
Arif Purnomo
Rudi Salam

Abstract

SMP Islam Sudirman Ambarawa is one of the schools that is implementing the instilling of social attitudes through programs in schools. This study whose aims to find out: (1)  to describe the background of social science teachers instill a social attitude of SMP Islam Sudirman Ambarawa’s students, (2) the process of cultivation of the social attitude in social studies, and (3) the means used to instill an social attitude.This study uses qualitative methods to the design of case studies.Data collection techniques are observation, interviews, and documentation. Analysis of data using interactive analysis techniques.The results showed that (1) Background the social studies teacher at SMP Islam Sudirman Ambarawa instill social attitude is related to the role of humans as social and to prepare students to live more organized and focused to become good citizens, (2) the process of instilling the social attitudes through social studies internalized in the learning process and direcly, (3) facilities that supports the growing process of social attitudes is through extracurricular activities and other routine activities in the school.


 


SMP Islam Sudirman Ambarawa merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan penanaman sikap sosial pada siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui latar belakang guru IPS menanamkan sikap sosial pada siswa SMP Islam Sudirman Ambarawa, (2) proses penanaman sikap sosial melalui pembelajaran IPS, dan (3) sarana yang digunakan untuk menanamkan sikap sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus.Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) latar belakang guru IPS SMP Islam Sudirman Ambarawa menanamkan sikap sosial adalah berhubungan dengan peran manusia sebagai makhluk sosial serta untuk menyiapkan peserta didik untuk hidup lebih teratur dan terarah sehingga menjadi warga negara yang baik, (2) proses penanaman sikap sosial melalui pembelajaran IPS terinternalisasi dalam proses pembelajaran maupun disampaikan secara langsung, dan (3) sarana penanaman sikap sosial dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan rutin lainnya yang ada di sekolah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Utami, Y., Purnomo, A., & Salam, R. (2019). PENANAMAN SIKAP SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPSPADA SISWA SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWAKABUPATEN SEMARANG. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(1), 40-52. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v1i1.30446

References

Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Barr, Robert dkk. 2003. Hakekat Studi Sosial (The Nature of Sosial Studies). Terjemahan Buchari Alma dan M. Harlasgunawan Ap. Bandung: Alfabeta.
Gerungan, W.A. 2009. Psikologi Sosial. Editor Januar Budhi. Bandung: PT Refika Aditama.
Ginanjar, Asep. 2016. ‘Penguatan Peran IPS dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik’. Jurnal Harmony. Vol 1 (1). Hal 118 – hal 126.
https://journal.unnes.ac.id/sju/ dex.php/harmony/article/view 5134 (22 Des 2017)
Indrawati, Made Wahyuni dkk. 2013. ‘Pengaruh Implementasi Teknik Klarifikasi Nilai (TKN) Bermuatan Masalah Kontekstual Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SD Gugus III Patimura Kec. Denpasar Selatan’. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan GaneshaProgram Studi Pendidikan Dasar’. Vol. 3. Hal 1- hal 12.
http://pasca.undiksha.ac.id/e journal/index.php/jurnal_pend
s/article/download/944/695(14 Des 2017)
Natalia, Destiana. 2016. ‘Pembentukan Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Palangka Raya’. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Vol. 5 (2).
http://ppjp.unlam.ac.id/journal ndex.php/JS/article/download/ 335/2891 (14 Des 2017)
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi.

Puspitasari, Nimas. 2012. ‘Pengembangan Model Pembelajaran IPS Berbasis Multikultural’. Journal of Educational Sosial Studies. Vol 1 (2). Hal 98 – hal 103. https://journal.unnes.ac.id/sju/ dex.php/jess/article/view/738
(14 Jan 2018)

Sagir, Safak Ulucinar. 2012. ‘The Primary School Students’ Attitude and Anxiety Towards Science’. Journal of Baltic Science Education. Vol 11 (2). Hal 127 – hal 140. http://www.scientiasosialis.lt/j se/files/pdf/vol11/127 140.Ulucinar Sagir_Vol.11.2.pdf (8 Des 2017)

Salam, Rudi. 2017. ‘Model Pembelajaran Inkuiri Sosial dalam Pembelajaran IPS’. Jurnal Harmony. Vol 2 (1). Hal 7 – hal 12. https://journal.unnes.ac.id/sju/ ndex.php/harmony/article/vie 19965/9413 (12 Jan 2018)

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Editor Daris Effendi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Most read articles by the same author(s)