IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 34 SEMARANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nolix Pratiti
Arif Purnomo
Fredy Hermanto

Abstract

Character education is highly emphasized in the education practice at schools as a major step in dealing with students' moral degradation and 21st-century challenges. The purpose of research is to know the planning, implementation, and evaluation phases conducted by social science teachers to implement character education. This research using descriptive qualitative study by setting the location of research at SMPN 34 Semarang. The results showed that: (1) Planning includes the teachers’ understanding of the importance of character education; the selection of character values adapted to the Basic Competence and the students’ conditions; and the inclusion of character values in learning media, (2) implementation of learning at the introduction stage is by warming up the students; the core stage is by using lecture method, discussion, role model by teacher, and reward punishment; (3) evaluation by the teacher to assess the students’ characters is by observation and written in attitude evaluation journal.


 


Pendidikan karakter sangat ditekankan dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah sebagai langkah utama dalam menghadapi degradasi moral pelajar dan tantangan abad 21. Tujuan penelitian adalah mengetahui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan guru IPS untuk mengimplementasikan pendidikan karakter. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil lokasi penelitian di SMP Negeri 34 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan meliputi pemahaman guru tentang pentingnya pendidikan karakter; pemilihan nilai karakter yang disesuaikan dengan Kompetensi Dasar dan kondisi peserta didik; serta mencantumkan nilai karakter dalam perangkat pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran tahap pendahuluan dengan mengkondisikan peserta didik; tahap inti dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, keteladanan guru, dan pemberian reward punishment; (3)evaluasi dilakukan guru IPS untuk menilai karakter peserta didik dengan pengamatan yang kemudian ditulis di jurnal penilaian sikap.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pratiti, N., Purnomo, A., & Hermanto, F. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 34 SEMARANG. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(1), 72-83. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v1i1.30453

References

Hasyim, Adelina. 2015. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Media Akademi
Jihad, Asep, Muchlas Rawi, dan Noer Komarudin. 2010. Pendidikan Karakter: Teori dan Apikasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Kemdikbud. 2016a. Penguatan Pendidikan Karakter: Menyiapkan Siwa dengan Karakter Mulia dan Kompennsi Abad 21.Jakarta: Kemdikbud (Jendela Pendidikan dan Kebudayaan Edisi VIII/ Desember 2016 Hlm. 06-22).
-----. 2016b. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Jakarta: Kemendikbud
Komisi Pemberantasan Anti Korupsi. 2016. Rincian Data ABH Per Bulan – 2015 bankdata.kpai.go.id/tabulasi data/data-kasus-per bulan/rincian-data-abh-per bulan-2015 (Sabtu, 5 Januari 2018 pukul 12.45).
Mulyasa. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Putri, Noviani Achmad. 2011. ‘Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Sosiologi’. Dalam Jurnal Komunitas Vol. 3 No. 2 Hal. 205-215.
Ramdani, Zuhud dan Zamroni. 2014. ‘Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di MTsN Model Selong Lombok Timur’. Dalam Socia Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Mei 2014, Vol. 11, No. 1 104-117.
Rasyid, Hanung. 2016. ‘Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Madrasah Aliyah’. Dalam Socia Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Juni 2016. Vol. 15 No. 1 ISSN 18295797. Hal. 73-90.
Rokhman, Fathur, Ahmad Syaifudin, dan Yuliati. 2014. ‘Character Building for Golden Generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years)’. Dalam Procedia- Social and Behavioral Sciences Vol. 141 Hal. 1161-1165.
Utomo, Eko Prasetyo. 2016. ‘Internalisasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran IPS pada Siswa SMP Negeri Model Terpadu Bojonegoro’. Dalam Jurnal Metafora, Volume 2, Nomor 2, April 2016. Hal. 91 104.
Zakkiyah, Made Yudana, Nengah Bawa Atmadja. 2015. ‘Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS untuk Pengamalan Nilai Moral Siswa’.
Peraturan-peraturan
Undang-Undang Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Most read articles by the same author(s)