Desain Instrumen Tes Three-Tier Multiple Choice Bermuatan Critical Thinking Skills untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Terkait Materi Asam Basa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Amalia Irfiana
Woro Sumarni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes three tier multiple choice bermuatan critical thinking skills yang dapat digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa, dan teruji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu: (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Perancangan), (3) Development, (4) Implementation (Implementasi), dan (5) Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 12 Semarang. Berdasarkan hasil analisis data validasi ahli, diperleh rerata skor 30 dari skor total 36 dengan kategori valid. Koefisien reliabilitas pada masing-masing uji coba skala kecil, skala besar, dan implementasi secara berturut-turut yaitu 1,0142; 1,0019; dan 1,0434. Profil berpikir kritis siswa secara keseluruhan berada pada kategori sangat kritis sebesar 17%, kategori kritis sebesar 4%, kategori kurang kritis tipe 1 sebesar 14%, kategori kurang kritis tipe 2 sebesar 5%, kategori kurang kritis tipe 3 sebesar 13%, kategori kurang kritis tipe 4 sebesar 4%, dan kategori tidak kritis sebesar 43%. Hasil analisis respon siswa memperoleh persentase 77% setuju dan memberikan respon positif terhadap instrumen tes. Analisis respon guru memperoleh respon setuju dan dapat digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>